Memaknai ‘Hari Sumpah Pemuda’ Bagi Pemuda Penerus Bangsa

by : Yessy Dwi Ramadhani
Posted : October 28, 2019
Mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu alasan tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Ternyata, ditetapkannya Hari Sumpah Pemuda ini juga tidak lepas dari perjuangan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, lho!
 
Sejak tahun 1959, tanggal 28 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Dalam meraih kemerdekaan Indonesia, pemuda memang memiliki peran yang sangat penting saat itu.
 
Ikrar Sumpah Pemuda tercetus pada saat diadakannya Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Perkumpulan Kongres Pemuda ini merupakan cita-cita pemuda yang ingin mewujudkan berdirinya negara Indonesia.
 
Saat itu keputusan yang ditetapkan adalah cita-cita untuk adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Pada kongres tersebut juga dihadirkan oleh beberapa organisasi pemuda salah satunya Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI).
 
Akhirnya “Sumpah Pemuda” lahir yang tercetuskan oleh Moehammad Yamin yang kemudian disetujui dan dibacakan oleh Soegondo selaku Ketua Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI).
 
Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang tepat hari ini ternyata tagar #SumpahPemuda2019 juga menjadi trending topic di Twitter, lho!
Banyak banget para pemuda yang turut menyuarakan kebanggaannya menjadi pemuda Indonesia. Contohnya ada Tweet dari @Ardisazof_ yang nge-tweet, “Bangga menjadi bagian dari pemuda-pemudi Indonesia, bersatu demi Tanah Air dan kemajuan bangsa. Selamat Hari Sumpah Pemuda. #SumpahPemuda2019

Menariknya, Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta juga turut meramaikan tagar #SumpahPemuda2019, lho! Dikutip dari Twitter @aniesbaswedan,ia menulis, “Semoga peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda ini menjadi pengingat bagi kita.

Bahwa hari ini tugas kita adalah memastikan semua kebijakan mencerminkan semangat dan menghadirkan keadilan sosial bagi warga Jakarta. #SumpahPemuda2019”.

Sebagai generasi pemuda penerus bangsa tentu kita tidak boleh melupakan sejarah dan perjuangan pemuda saat itu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Mungkin perjuangan yang kita lakukan tidak akan sama dengan pahlawan-pahlawan kita dulu, namun dengan menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan rasa toleransi juga bisa menjadi bentuk upaya kita dalam mewujudkan cita-cita bangsa.
 
Selamat Hari Sumpah Pemuda!
 
Editor: Ria Juwita – Foto : Dok. Twitter @aniesbaswedan, @Ardisazof, www.walisongo.co.id
 
Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

Memaknai ‘Hari Sumpah Pemuda’ Bagi Pemuda Penerus Bangsa

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!