Menurut Ahli Gizi, Ini Waktu yang Tepat buat Ngemil

by : Maulida Belliana Putri
Posted : February 1, 2019
Makanan merupakan sumber energi untuk menunjang keseharian kita. Dalam menjalani aktivitas yang padat, sering kali kita memiliki dorongan untuk ngemil. Sebenarnya, berapa kali ya, waktu ngemil yang tepat? Lalu, pola makan seperti apa sih, yang sebaiknya kita terapkan setiap hari?
 
dr. Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK mengungkapkan, “Pola makan seseorang itu harus memenuhi jadwal yang teratur. Kalau ngomongin jam makan utama, ada pagi, siang, dan malam. Di antaranya, boleh ada selingan.

Kalau mau ngemil, sebaiknya dua kali pun sudah cukup. Jam selingan itu pukul 9-10 pagi atau pukul 4-5 sore. Sebaiknya, makanan & minuman yang dikonsumsi tetap ada protein dan seratnya.”
 
Walaupun memiliki usia yang sama, kebutuhan energi tiap orang ternyata bisa berbeda, lho. Selain faktor usia, hal ini juga dipengaruhi jenis kelamin, tinggi, berat badan, dan aktivitas fisik seseorang.
 
Di usia produktif seperti kita, kebutuhan kalori untuk berat badan normal adalah sekitar 1.800-2.100 kalori. Ini berarti, camilan yang dikonsumsi pun sebaiknya nggak lebih dari 180-200 kalori.
 
Untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan nggak lemas seharian, dr. Juwalita menganjurkan agar kita lebih memerhatikan jenis makanan yang akan masuk ke perut kita.
 
“Sering kali ada orang bertanya, ‘Ngemil yang sehat itu harus gimana, sih? Sarapan yang sehat juga seharusnya gimana?’. Supaya bisa menjaga tubuh tetap berenergi, yang sangat perlu diperhatikan adalah asupan serat. Misalnya, kalau ngemil hanya boleh 200 kalori, wujud camilannya apa?
 
Kalau 200 kalori dihabiskan hanya untuk dua buah gorengan mungkin bisa saja, tapi isinya hanya minyak. Jangan hanya mementingkan hitungan kalori, perhatikan juga kandungan makanan yang dikonsumsi,” jelas dr. Juwalita.
 
“Pilihan makanan dengan protein dan serat akan membuat kita lebih kenyang dan berenergi. Kalau lebih kenyang, pada saat jam makan berikutnya kita nggak akan makan terlalu banyak,” lanjut dr. Juwalita.
 
Selain itu, dr. Juwalita juga mengungkapkan, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa jadi salah satu penyebab mengantuk. “Kalau kita makan sesuatu yang berserat, maka karbohidrat yang kita makan akan melepas gula secara pelan-pelan di dalam darah. Ketika gula darah dilepas pelan-pelan, keluhan seperti swinging mood dan mengantuk sehabis makan tentunya akan lebih sedikit.”
 
Jadi, sekarang sudah tahu kan, kapan waktu yang tepat buat ngemil dan camilan seperti apa yang baik buat kita?
 
Editor: Ria Juwita Foto: pexels.com
 
Baca juga:

Topic

#HidupSehat , #Trivia

polling

Menurut Ahli Gizi, Ini Waktu yang Tepat buat Ngemil

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!