Misteri Dybbuk Box

by : Windy Yunika
Posted : September 21, 2015
Selama ini hampir semua tempat, baik rumah atau bangunan megah sering dikaitkan dengan hal-hal misteri. Ternyata, nggak hanya bangunan saja yang memiliki cerita misteri. Dybbuk box ternyata memiliki kisah misteri yang nggak kalah seram!
 
Dalam cerita rakyat Yahudi, dybbuk box adalah sebuah wine cabinet yang dipercaya dihantui sosok roh jahat. Cerita kotak ini dimulai pada September 2001, saat sebuah acara lelang di Portland, Oregon menjual barang-barang antik milik seorang nenek berusia 103 tahun. Padahal, nenek tersebut meminta keluarganya untuk menguburkan dybbuk bersama jenazahnya.
 
Dybbuk box akhirnya berpindah tangan ke seorang pemilik toko barang antik dan  diletakkan di ruang bawah tanah. Misteri mulai terjadi perlahan-lahan. Lampu toko yang menyala sendiri, pintu toko dan gerbang terkunci dengan sendirinya hingga muncul bayangan besar yang berlari menyusuri lorong dirasakan pemilik toko ini. Suatu hari, terdengar suara misteri yang mengerikan dari bawah tanah toko. Asisten toko langsung berlari ke sana dan menemukan barang-barang hancur tanpa sebab disertai bau nggak enak.
 
Akhirnya, pemilik toko memutuskan untuk menjual dybbuk box di eBay dan menjelaskan informasi rinci tentang hal-hal misteri yang terjadi sejak mendapatkan kotak ini. Jason Haxton, seorang kurator museum medis di Missouri membeli kotak antik itu. Dia kemudian menulis sebuah buku yang menceritakan kisah-kisah misteri tentang dybbuk box yang dibelinya. Pada tahun 2012, sebuah film yang diangkat dari cerita misteri dybbuk box, The Possession resmi dirilis. Editor: Dian Nurlizta - Foto: Riberfronttimes.com