Nonton Gerhana Bulan Total 2018, Yuk!

by : Theyta van Broekema
Posted : July 27, 2018
Gerhana Bulan total atau Super Blood Moon adalah fenomena yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 Juli 2018 setelah terakhir terlihat pada akhir Januari 2017 lalu. Penasaran dengan infonya? Baca di sini, ya!

Lunar Eclipse atau Gerhana Bulan adalah fenomena yang terjadi saat penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi secara keseluruhan atau hanya sebagian. Nah, itulah yang terjadi kalau Matahari, Bumi, dan Bulan berada di satu titik garis lurus yang sama, di mana Bumi menutupi sinar Matahari.

Bulan sendiri membutuhkan waktu 29,53 hari untuk berpindah dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Karena itulah, jika Gerhana Bulan terjadi, maka hal itu akan disusul oleh  Gerhana Matahari, karena node (2 buah titik potong) tersebut berada di garis yang menghubungkan Matahari dengan Bumi.

Pada peristiwa Gerhana Bulan, sering kali Bulan masih dapat terlihat. Hal itu terjadi karena masih adanya sinar Matahari yang dibelokkan, dan hal ini dapat menghasilkan spektrum cahaya berwarna merah. Nah, karena itu lah Gerhana Bulan berwarna jingga, cokelat, sampai merah tembaga.

Gerhana Bulan bisa dilihat dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali. Kebetulan, Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk melihat fenomena ini, lho. Istimewanya, Gerhana Bulan kali ini akan terlihat full atau biasa disebut sebagai Super Blood Moon!

Fenomena Super Blood Moon yang langka ini akan menampilkan Bulan dengan warna merah terang karena oposisi node yang tepat.  Kebetulan, Bali dan Jakarta akan secara eksklusif berkesempatan untuk melihat fenomena ini secara langsung.

Untuk kamu yang berlokasi di daerah Jakarta, Gerhana Bulan total akan mulai pada pukul 00:14 WIB dan akan mulai muncul pada pukul 02:30 WIB. Gerhana akan mencapai titik full di pukul 03:21 WIB dan akan berakhir di pukul 04:13 WIB. Untuk daerah Bali, kamu bisa melihat Gerhana Bulan total pada pukul 04:21 WITA dan akan berakhir pada pukul 06:41 WITA. What a chance!

Dikutip dari Science Info News, pada tanggal 27 Juli 2018 sebelum fenomena Super Blood Moon terjadi, planet Mars juga akan menjadi planet yang paling terang di langit. Hal ini terjadi karena planet Mars akan memiliki diameter yang jelas, sebesar Bulan Purnama.

Tahu nggak, peristiwa ini hanya terjadi setiap 35.000 tahun sekali, lho! Dan kamu bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. Yeay!

Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Pixabay

Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

Nonton Gerhana Bulan Total 2018, Yuk!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!