Penemu Teknologi 4G Khoirul Anwar

by : Priska Zahra
Posted : August 21, 2015
Punya handphone dengan koneksi super cepat menjadi idaman para penggemar gadget. Siapa sangka penemu koneksi jaringan 4G adalah seorang ilmuwan asal Indonesia. Kita kenali sosoknya lebih dalam, yuk!
 
Ini dia Dr. Eng. Khoirul Anwar. Pria yang akrab di panggil Khoirul ini lahir di Kediri pada tahun 1978. Khoirul Anwar adalah anak dari pasangan Sudjiarto (alm.) dengan Siti Patmi. Dia merupakan lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) yang lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2000.
 
Setelah lulus, Khoirul bekerja di sebuah perusahaan IT di Jakarta selama sekitar dua tahun. Nah, di sinilah Khoirul mulai mengembangkan penelitiannya tentang teknik transmisi wireless. Di tahun 2005, ia berhasil mematenkan teknologi broadband menjadi standard internasional (ITU) untuk sistem di bumi maupun di luar angkasa (satelit).
 
Awalnya, penemuan teknologi 4G ini berasal dari pemikirannya saat menonton film Dragon Ball. Jurus spirit ball yang dimiliki oleh Goku (karakter utama film Dragon Ball) dianalogikan Khoirul sebagai turbo equalizer . Turbo equalizer  ini mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, seperti halnya sinyal yang tak lagi terganggu karena gedung pencakar langit atau pegunungan.
 
Lewat penemuannya ini, pria yang melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang mendapatkan penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) yang digelar pada 6-19 Mei 2010, di Taiwan. Tak heran perusahaan raksasa telekomunikasi Tiongkok, Huawei Technology ingin menjajaki teknik penemuan milik Khoirul Anwar ini. Editor: Dian Nurlizta - Foto: www.jaist.ac.jp
 

polling

Penemu Teknologi 4G Khoirul Anwar

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!