Penyakit Kista Benar Berbahaya Nggak, ya?

by : Priska Zahra
Posted : June 3, 2017
Setiap cewek pasti pernah mengalami rasa nyeri atau kram dalam kondisi tertentu. Nah, bisa saja itu karena kista. Yuk, cari tahu penyakit kista ini berbahaya nggak sih, buat tubuh?

Pengertian Kista
Kista adalah sebuah benjolan yang tumbuh di sekitar jaringan normal. Dalam keadaan abnormal, kista bisa berubah menjadi tumor. Rata-rata kista bisa berisi cairan, udara, nanah dan materi semi padat. Sayangnya saja, kista lebih banyak di derita oleh kaum wanita. Beberapa pengidap kista tidak membutuhkan operasi tapi, ada juga yang membutuhkan operasi pengangkatan.
 
Jenis Kista
Jenis kista banyak macamnya dan biasanya tumbuh di ovarium atau daerah rahim. Namun beberapa di antaranya juga ada yang tumbuh di vagina atau daerah vulva (bagian luar vagina). Selain di bagian rahim atau ovarium, ternyata bintik-bintik di wajah itu termasuk kista lho, terutama jika jerawat tersebut sudah meradang.

Kemudian ada yang namanya kista fibrosis. Kista ini tumbuh di bagian pankreas. Kebanyakan pengidap kista fibrosis merupakan salah satu penyakit kelainan genetik. Selain itu, ada juga kista dermoid. Kista ini berisi berbagai jenis bagian tubuh seperti kulit, kuku, rambut, gigi dan lemak. Kista ini dapat ditemukan di kedua bagian indung telur. Biasanya berukuran kecil dan nggak ada gejalanya sama sekali. Kista endometrium (lapisan dinding rahim) adalah kista yang terjadi di luar rahim. Kista ini berkembang bersamaan dengan tumbuhnya lapisan endometrium sehingga bisa menimbulkan nyeri hebat apalagi ketika menstruasi.
 
Pencegahan dan Pengobatan
Pada umumnya, pengidap kista rata-rata bisa menghilang dengan sendirinya sekitar 1-3 bulan. Terutama di usia-usia produktif. Kista seperti ini biasanya jinak dan nggak perlu penanganan medis. Meski begitu, pengawasan juga perlu kita lakukan, ya! Terutama kalau sudah menganggu aktivitas atau terdapat pembesaran di kista, baiknya langsung konsultasikan kepada dokter. Editor: Indah Nainggolan - Foto: www.doctoroz.com
 
Baca Juga:

Topic

#kesehatan , #healthylife

polling

Penyakit Kista Benar Berbahaya Nggak, ya?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!