Photokeratitis, Sunburn Pada Kornea Mata

by : Novika Dyah P.
Posted : April 9, 2018
Saat keluar rumah di siang hari, ada baiknya kita menggunakan sunglasses untuk menghindari sinar matahari. Karena ternyata, terkena paparan sinar matahari bisa membuat mata kita terkena photokeratitis, lho. Apa sih photokeratitis itu?
 
Photokeratitis pada dasarnya adalah sengatan sinar matahari (sunburn) pada mata, lebih tepatnya di kornea. Jessica Lee, dokter mata bersertifikat dan asisten professor ophthalmology di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, yang dilansir dari Allure menyebutkan bahwa, “Seperti layaknya sunburn di kulit, photokeratitis bisa menjadi sebuah kondisi mata yang menyakitkan,” ungkapnya.
 
Apa sih, penyebab photokeratitis? Sama seperti sunburn pada kulit, sinar UV juga bisa menyebabkan peradangan pada mata, khususnya di bagian kornea.
 
“Hal ini paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari,” jelas Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi Mount Sinai Hospital, New York.
 
Risiko eyeburn nggak hanya terjadi ketika kita menatap langsung matahari, meskipun hal itu menjadi penyebab utamanya. Tetapi, bisa disebabkan oleh pantulan matahari dari air atau salju.
 
Selain itu, penggunaan jenis bola lampu halogen dan fluoresen juga harus dihindari, karena keduanya memancarkan sinar ultraviolet. Secara teoritis, overexposure ke arah bola lampu di sebuah ruangan juga bisa menyebabkan peradangan pada kornea.
 
Untungnya, photokeratitis bisa disembuhkan dalam beberapa hari. Risiko kerusakan permanen juga dalam batas yang rendah jika paparan sinar UV terbatas hanya di bagian depan mata, yaitu kornea.
 
Namun, jika paparan sinar UV mempengaruhi bagian belakang mata atau retina (biasanya terjadi jika kita menatap langsung gerhana), risiko yang dimiliki akan lebih besar dan serius.
 
Saat mata kita sembuh dari photokeratitis, kita bisa menggunakan obat tetes mata atau salep yang direkomendasikan oleh dokter, untuk mengurangi rasa nggak nyaman pada mata.
 
Untuk mengindari photokeratitis, hal utama yang harus selalu diingat adalah menggunakan pelindung mata yang memadai, misalnya kacamata hitam anti sinar UV. Kedua, kita bisa mengganti lampu rumah yang bebas UV, misalnya lampu pijar atau lampu LED dibanding lampu neon atau halogen.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: nickav.com
 
Baca juga:

Topic

#Trivia , #LifeHacks

polling

Photokeratitis, Sunburn Pada Kornea Mata

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!