Pramoedya Ananta Toer, Sastrawan Legenda di Indonesia

by : Christine Natalia
Posted : February 6, 2017
Setiap harinya, Google selalu punya doodle khusus untuk merayakan suatu event atau memperingati seseorang. Hari ini, tanggal 6 Februari 2017, Google Indonesia memperingati hari kelahiran Pramoedya Ananta Toer dengan doodle Pramoedya sedang mengetik. Yuk, kenalan lebih jauh dengan sosok Pramoedya Ananta Toer.
 
Pramoedya Ananta Toer adalah salah satu pengarang paling produktif dalam sejarah sastra di Indonesia. Nggak hanya di zaman dahulu, jika sekarang kita ke toko buku, pasti dengan mudah menemukan berbagai hasil karyanya. Tercatat lebih dari 200 bukunya yang sudah diterjemahkan ke lebih dari 41 bahasa asing, lho.
 
Dilahirkan dengan nama asli Pramoedya Ananta Mastoer, beliau lahir di Blora, Jawa pada 1925. Ia bersekolah di Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan memulai kariernya sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama penjajahan Jepang.
 
Pramoedya mulai membuat cerpen dan buku seiring dengan pengalamannya bekerja di dunia militer. Hampir seluruh novel dan cerpennya terinspirasi dengan kisah hidup sehari-hari yang terjadi. Bahkan, beberapa bersifat semi-otobiografi. Mulai dari sejarah Indonesia, konflik korupsi sampai penyiksaan terhadap suku Tionghoa di Indonesia. Karena pemikiran dan kegigihannya dalam mengabadikan kisah sejarah di Indonesia dalam tulisan, Pramoedya sering menuai kontroversi.
 
Oleh karena sifatnya yang dianggap pro komunis Tionghoa dan mengancam keamanan negara, ia sempat ditahan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah dan bukunya dilarang beredar. Selain ditahan di Nusakambangan, ia pernah ditahan selama tiga tahun saat masa kolonial dan satu tahun pada masa Orde Lama. Ia juga pernah ditahan selama 14 tahun sebagai tahanan politik tanpa proses pengadilan pasti.
 
Meski ditahan, semangat menulisnya nggak pernah padam. Selama di penjara pun, Pramoedya tetap menulis. Sayangnya, Pramoedya meninggal pada 30 April 2006 di usia ke-81, karena komplikasi penyakit yang ia derita.
 
Meski menuai banyak kontroversi dan penahanan selama hidupnya, nggak sedikit penghargaan yang ia dapatkan. Mulai dari Freedom to Write Award dari PEN American Center di Amerika tahun 1988 sampai Centenario Pablo Neruda di Chilli pada 2004. Ada lebih dari 10 penghargaan yang ia raih. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.alchetron.com
 

polling

Pramoedya Ananta Toer, Sastrawan Legenda di Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!