Sarapan Ternyata Baik untuk Jantung dan Menurunkan Nafsu Makan, Lho!

by : Ria Juwita
Posted : February 4, 2019
Kalau membicarakan pentingnya sarapan alias makan pagi, pasti kita semua tahu bahwa waktu makan yang satu ini penting banget, terlebih buat kita yang punya banyak aktivitas sejak pagi hari. Apalagi, sarapan juga punya banyak manfaat buat tubuh, lho!
 
Hal ini diakui sendiri oleh ahli gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. Ia menjelaskan, “Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih baik, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis, dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja.”
 
Menurut dr. Rita, proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergarakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan, tapi juga organ lainnya, termasuk jantung, yang bertugas memompa darah.
 
“Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian, kerja otak dan otot akan lebih baik. Karena itu, dengan mengonsumsi makanan, kita nggak hanya bisa mengurangi rasa lapar, tapi juga meningkatkan kemampuan kognitif, seperti daya ingat dan fokus,” jelas dr. Rita.
 
Dr. Rita juga menambahkan bahwa proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin, yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokinin, yang mampu menurunkan nafsu makan.
 
“Jadi, kalau kita mengonsumsi makanan saat sarapan, maka kita bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Karena itu, pilih menu sarapan dengan bijak, miaslnya makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral,” tambah dr. Rita.
 
Foto: www.pexels.com
 
Baca juga:

Topic

#Trivia , #HidupSehat