Seberapa Penting Suara Anak Muda dalam Pemilu 2019?

by : Anisya Fitrianti
Posted : March 13, 2019
Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada April 2019 nanti tercatat lebih dari 4 juta pemilih pemula bakalan ikut Pemilu 2019. Kebayang dong, sebanyak apa anak muda yang bakalan menyumbang suara buat menentukan pemimpin di Indonesia ?
 
Well, menurut Arya Fernandes, seorang Peneliti di Departemen Politik & Perubahan Sosial Center for and International Studies (CSIS), pengaruh suara anak muda ini sangat besar lho, di Pemilu 2019 mendatang. Sayangnya, tren apatis dari anak muda dalam politik malah meningkat.
 
“Kami di CSIS melihat survey kecenderungan karakteristik anak muda. Hasilnya, dalam dua tahun ini menunjukkan bahwa tren anak muda tidak terlibat dalam politik atau pun tidak mau diasosiasikan dengan parpol serta capres tertentu meningkat,” jelas Arya.
Padahal, menjadi anak muda yang apatis bukan solusi yang tepat. Menurut Arya, justru anak muda harus lebih peduli soal isu politik karena bisa menentukan nasib lingkungan di sekitarnya juga.  

Dalam penjelasannya soal Pemilu 2019, Arya mengingatkan bahwa dalam Pemilu nanti kita nggak hanya memilih Presiden saja, tapi juga harus memilih anggota Legislatif. Pemilihan Legislatif pun nggak boleh lepas dari perhatian kita karena kinerja mereka akan sangat berpengaruh untuk masyarakat.

“Ke depannya, teman-teman juga harus memberikan perhatian kepada calon Legislatif karena caleg (calon legislatif) ini yang nanti akan melakukan kontrol, membuat Undang-Undang, dan sebagainya,”jelasnya.

Sementara itu, Ratu Dyah Ayu Widyaswari, Direktur Eksekutif dari Gerakan ‘We The Youth’ mengingatkan anak-anak muda untuk nggak golput. Menurutnya, anak muda harus mau menambah wawasannya soal para calon yang akan dipimpin, karena saat ini banyak caleg yang mem-branding dirinya sebagai perwakilan anak muda.

“Lihat calon-calon yang ada. Kan, gaya anak muda lagi tren banget dipakai caleg, apakah benar mereka mewakili anak muda? Selain itu, jangan lupa soal penawaran yang mereka buat karena anak muda kan, beragam. Ada yang dari industri kreatif, olah raga, dan lainnya. Nah, cari yang cocok dengan visi misinya,” tutur Ratu Dyah.

Ratu Dyah juga berharap agar seluruh anak muda Indonesia menggunakan hak suaranya. Menurutnya, dengan banyaknya anak muda yang menggunakan hak pilih, maka mereka bisa membantu keadaan orang lain. Terlebih kalau program dari pemimpin tersebut tepat sasaran. “Kalau sudah diberi hak pilih dan nggak digunakan, rasanya sayang banget. Selain itu, kalau golput, hak suara tersebut bisa berisiko disalahgunakan,” jelasnya.

Soal golput, Arya punya pendapat lain. Menurutnya, banyaknya orang yang nggak mengikuti pemilihan itu karena masalah teknis. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang berada di luar kota dan nggak bisa mengurus surat. “Yang perlu diperkuat adalah sosialisasi dan informasi buat anak muda. Apalagi sekarang itu banyak juga yang memprediksi partisipasi politik akan menurun,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan angka partisipasi politik, Arya menuturkan bahwa endorsement ternyata punya pengaruh yang besar. “Salah satu yang paling menentukan juga adanya endorsement dari tokoh publik artis, atau influencers. Terlihat dari penggunaan social media yang tinggi. Seperti Instagram terutama, Facebook juga. Nah, media itu harus digunakan seefektif mungkin. Kontennya harus kreatif untuk mengajak orang memilih. Saya kira KPU (Komisi Pemilihan Umum) harus merekrut para inflluencers ini harus diajak kerjasama dalam sosialisasi,” tutup Arya.

Nah, kalian sudah mantap menjatuhkan pilihan belum, girls? Yang pasti, jangan lupa untuk menggunakan hak suara kalian, ya!

Editor: Ria Juwita - Foto: www.pexels.com, www.pixabay.com

Baca juga:

Topic

#politikituseru

polling

Seberapa Penting Suara Anak Muda dalam Pemilu 2019?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.