Selain Pulau Krakatau, Inilah Keindahan 3 Pulau di Selat Sunda

by : Tri Puspita
Posted : January 1, 2019

2. Pulau Sangiang 
Pulau ini pernah dijadikan sebagai salah satu objek wisata bertaraf Internasional. Namun, pada saat krisis moneter di tahun 1998, pulau ini ikut terkena imbasnya. Walaupun sudah tidak dijadikan sebagai wisata Internasional, keberagaman flora dan fauna di pulau ini masih sangat terjaga, lho!
 
Ekosistem di dalam Pulau Sangiang dibagi menjadi tiga, yaitu hutan rendah, hutan pantai, dan hutan payau. Nah, adanya perbedaan jenis hutan ini menjadikan hewan-hewan hidup secara bebas. Kamu bisa menemukan lutung, landak, biawak, bahkan ular di dalam pulau ini.
 
Nggak hanya ekosistem yang berada di darat, ekosistem lautnya juga sangat terjaga. Bagi yang ingin snorkeling, kamu akan merasa dimanjakan dengan keindahan biota lautnya.
 
Gua di Pulau Sangiang
 
Jika kamu menjelajah Pulau Sangiang ini lebih jauh, maka kamu akan menemukan dua gua.
 
Pertama ada Gua Kelelawar. Seperti namanya, gua ini dipenuhi oleh mamalia nokturnal tersebut. Namun, ada yang unik dari gua ini, nih! Pada salah satu ujung gua kamu akan melihat laut lepas dengan ombak yang menghantam dinding gua. Jika beruntung, kamu akan melihat hiu yang berenang di sekitar gua, menunggu kelelawar yang jatuh ke laut.
 
Kedua, ada Gua Tungku. Letak gua ini masih sama dengan gua kelelawar, yaitu bagian timur Pulau Sangiang. Diberi nama tungku karena bentuk gua ini seperti tungku (alat memasak). Kalau kamu ingin melihat keindahan gua ini, kamu harus berusaha untuk mendaki dan menuruni tebing. Dengan begitu, barulah kamu bisa sampai ke Gua Tungku.

Pantai Panjang dan Pantai Batu Mandi
 
Dikatakan sebagai Pantai Panjang karena pantai ini memiliki tepian yang sangat panjang. Pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar dan pasir lembut berwarna cokelat sangat cocok menjadikan pantai ini destinasi bersama keluarga.
 
Selain Pantai Panjang, terdapat juga Pantai Batu Mandi. Uniknya dari pantai ini, kamu bisa melihat adanya menara pemantau yang digunakan oleh TNI AL untuk memantau aktivitas laut. Menara setinggi 30 meter ini bisa kamu naiki dengan syarat harus mendapat izin dari petugas yang menjaga menara itu.

Topic

#Trivia