Sir William Henry Perkin, Penemu Warna Ungu yang Jadi Sosok Google Doodle Hari Ini

by : Novika Dyah P.
Posted : March 12, 2018
Buat kamu yang membuka mesin pencarian Google hari ini, pasti akan menemukan ilustrasi berupa sosok laki-laki yang sedang berbicara di depan sekumpulan orang, dengan kata ‘Google’ berwarna ungu di tengahnya. Hmm… Apa ya, kira-kira maksudnya?
 
Laki-laki tersebut adalah William Henry Perkin. Lahir di East End London, Inggris pada tanggal 12 Maret 1838, William Perkin merupakan putra seorang tukang kayu yang sukses. Perkin diingat dalam sejarah karena secara tidak sengaja menemukan warna ungu pewarna sintetis pertama di dunia.
 
Pada tahun 1853, di usianya yang ke-15 tahun, Perkin mulai bekerja dengan ahli kimia Jerman, August Wilhelm von Hofmann di tempat yang sekarang dikenal dengan Imperial College London. Mereka berdua meneliti dan bereksperimen dengan kina (quinine), bahan kimia yang pertama kali ditemukan di kulit pohon, yang bisa digunakan untuk mengobati malaria.
 
Semuanya bermula saat Perkin yang kala itu menjadi asisten laboratorium tengah membersihkan kotoran dari gelas kimia sebuah percobaan yang gagal. Saat ia mengencerkannya dengan alkohol, zat tersebut meninggalkan noda ungu yang pekat di gelas.
 
Perkin menemukan bahwa anilin, sebuah senyawa organik yang termasuk senyawa aromatik, ternyata dapat digunakan untuk menciptakan zat warna ungu saat dikombinasikan dengan alkohol. Usai penemuannya tersebut, dia memusatkan perhatian pada pematenan, pembuatan, dan komersialisasi pewarna ungu yang dinamakan "mauveine".

William Perkin sengaja mencari cara untuk menciptakan dan memproduksi zat berwarna ungu yang bisa digunakan untuk mewarnai kain. Karena pada masa tersebut, pakaian berwarna ungu sangat mahal dan akan cepat luntur karena dibuat dari pewarna alami.

Warna ungu yang ditemukan Perkin menjadi sangat diminati masyarakat kala itu. Alasannya adalah karena warna ungu selama bertahun-tahun hanya identik dengan kaum bangsawan dan golongan aristokrat. Baru pada saat itulah, Perkin dan saudaranya menyadari bahwa mereka memiliki ciptaan yang sangat menguntungkan, yang bahkan diminati oleh Ratu Victoria sendiri.
 
Pada ulang tahun ke-50 di tahun 1906, Perkin dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Victoria. William Perkin meninggal dunia pada tahun 1907, setelah menderita pneumonia dan dimakamkan di Harrow, Inggris. Ketiga anaknya mengikuti jejak Perkin dan menjadi ahli kimia.
 
Google Doodle hari ini dibuat oleh illustrator Inggris, Sonny Ross untuk mengenang sang ahli kimia. Happy 180th birthday, Sir William Henry Perkin! Editor: Ria Juwita - Foto: Google.co.id
 
Baca Juga:

Topic

#VIP , #GoogleDoodle

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!