Suka Makanan Pedas? Cek 5 Bahaya dan Manfaatnya!

by : Leoni Sihombing
Posted : May 22, 2017
Bagi kamu yang suka banget dengan makanan pedas, ternyata ada manfaat kesehatan bagi tubuhmu, lho. Eits, tapi nggak selamanya makanan pedas itu baik. Karena, ada beberapa bahaya yang juga harus diperhatikan dengan mengonsumsi makanan pedas.
 
Berikut lima bahaya dari mengomsumsi makanan pedas. Ini bisa terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya atau memiliki latar belakang penyakit yang memang nggak bisa menoleransi makanan pedas.
  • Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan jenis makanan pedas merupakan kombinasi asam. Dan, jika ada terlalu banyak asam yang masuk ke perut, akan menyebabkan kerusakan dinding lambung.
  • Menyebabkan penyakit gastritis atau maag akut. Gejalanya seperti muntah, mual-mual dan diare. Selain itu, makanan pedas juga bisa mengakibatkan penyakit ulkus gaster atau tukak lambung. Ketika terkena penyakit ini, perut akan terasa terbakar, mual-mual dan muntah.
  • Berpotensi terkena insomnia atau susah tidur di malam hari. Maka, sebaiknya kamu hindari mengonsumsi makanan pedas di malam hari.
  • Dapat menghilangkan nafsu makan dan mengakibatkan berat badan semakin menurun. Ini nggak baik bagi kesehatan, karena tubuh akan kekurangan asupan makanan yang baik.
  • Dapat menyebabkan serangan sakit kepala, karena dampak dari gastritis.


Tapi, jika kamu mengonsumsinya dengan bijaksana, makanan pedas juga memiliki manfaat baik bagi tubuhmu, lho. Ini dia keuntungan dari makanan pedas.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa makan makanan pedas memiliki jumlah insiden serangan jantung dan stroke lebih kecil. Ini karena cabai dapat mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan cabai mengandung capsaicin yang memiliki efek antiinflamasi. Inflamasi merupakan fakstor risiko dari penyakit jantung.
  • Memperbaiki mood. Makanan pedas dapat meningkatkan produksi hormon yang membuat perasaan menjadi bahagia, seperti serotonin. Oleh karena itu juga, makanan pedas dapat meringankan depresi serta stress.
  • Menghilangkan gejala flu. Capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga dapat membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis dan gejala flu lainnya.
  • Menurunkan tekanan darah. Vitamin A dan C yang terkandung dalam lada dapat memperkuat dinding otot jantung. Serta panas dari lada akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi makanan mengandung lada, secara keseluruhan dapat memperbaiki sistem kardiovaskular.
  • Mencegah kanker. Menurut American Association for Cancer Research, capsaicin memiliki kemampuan unik membunuh sel kanker dan leukemia. Rempah-rempah tertentu seperti kunyit yang dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor, jika dicampur dengan lada, dapat membuat efeknya berlipat ganda. Capsaicin juga memperlambat pertumbuhan sel kanker. Pada banyak kasus, sel-sel kanker mati akan tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.fineartamerica.com
 
Baca juga:

Topic

#trivia , #lifehacks

polling

Suka Makanan Pedas? Cek 5 Bahaya dan Manfaatnya!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!