Tantangan Internship

by : Dian Nurlizta
Posted : March 7, 2016
Buat siswa SMK, internship jadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan kalau mau lulus sekolah. Di bidang apapun perusahaan tempat magangnya, ada tantangan-tantangan ini yang harus dihadapi.
 
Tantangan 1: Culture Shock
Meskipun awalnya senang, pasti nggak lama kemudian bakal kaget mengalami suasana kerja di perusahaan. Bisa jadi, perusahaan tempat kita magang punya karyawan yang serius atau punya jadwal dan deadline ketat. Terlebih, speed orang kantoran umumnya lebih cepat dari speed pelajar dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya, saat diminta membuat sebuah desain. Jika di sekolah kita diberi waktu seminggu, di tempat magang bisa jadi hanya diberi waktu sehari atau beberapa jam saja.
 
What to do: Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat! Meski pelan-pelan, buktikan kalau kita bisa bekerja dengan speed dan sistem kerja di perusahaan tersebut.

Tantangan 2: Diragukan Kemampuannya
Karena dianggap “anak bawang”, internship biasanya dianggap nggak mengerti apa-apa, sehingga kemampuannya diragukan. Perusahaan akan berpikir dua kali untuk memberi pekerjaan yang levelnya cukup sulit.
 
What to do: Supaya level kita meningkat di mata mereka, jangan mengeluh dan kerjakan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Kalau perlu, jika tugas sudah selesai, inisiatif menginfokan dan menawarkan bantuan. Kalau hasil kita dianggap bagus, perusahaan nggak segan memberi tanggung jawab lebih besar.
 
Tantangan 3: Nggak Dikasih Pekerjaan
Nah, kalau kita nggak bisa menyesuaikan diri dengan baik dan cepat, maka kepercayaan perusahaan akan menurun. Mereka akan ragu memberi tugas lebih. Ujung-ujungnya, kita malah nggak melakukan apa-apa dalam masa internship yang singkat tersebut.
 
What to do: Kalau sudah begini, beranikan diri untuk meminta evaluasi. Jadi, ketahuan deh, kekurangan kita sebagai internship di mata perusahaan. Kita juga jadi tahu apa yang diinginkan perusahaan dari anak magangnya. Editor: Fransiska Soraya – Foto: Fotosearch.
 

polling

Tantangan Internship

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!