Tips Menjaga Berat Badan Saat Puasa

by : Novika Dyah P.
Posted : May 18, 2018
Kita pasti sering merasa khawatir dengan berat badan saat berpuasa. Padahal, kekhawatiran itu justru bisa membuat kondisi tubuh makin memburuk, lho. Nah, untuk menyiasatinya, asupan kalori dengan jumlah yang tepat jadi solusi untuk mengontrol berat badan dan tetap sehat saat puasa. Gimana ya, caranya?
 
1. Banyak Minum Air
Kita perlu meminum minimal dua liter air di malam hari, karena saat berpuasa, tubuh akan kekurangan banyak cairan. Minum banyak air bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dan mencegah haus di siang hari.
 
2. Mengonsumsi Makanan Berprotein
Saat sahur, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berprotein, agar kebutuhan energi pada tubuh di siang hari tetap tercukupi. Pilihlah protein tanpa lemak, seperti telur, ayam, ikan, susu rendah lemak, dan produk olahan susu, karena makanan jenis itu akan membantu perbaikan otot dan mencegah hilangnya otot tubuh.
 
3. Pilih Makanan yang Lambat Dicerna Tubuh
Makanan yang lebih lambat dicerna punya kandungan protein dan serat yang tinggi, dibanding makanan yang cepat dicerna. Hal itu bertujuan untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
 
Makanan jenis ini umumnya adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya beras, gandum, kacang, dan tepung gandum.
 
4. Makan Buah dan Sayur
Sertakan sayur dan buah untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Batasi konsumsi kentang dan ubi jalar, karena kandungan gulanya yang tinggi.
 
Pilih sayuran hijau, seperti bayam dan kubis untuk meningkatkan metabolisme dan membantu pencernaan.
 
5. Ganti Minyak Goreng
Saat menyiapkan makanan sahur dan berbuka, ganti penggunaan minyak goreng dengan minyak zaitun yang lebih sehat. Hindari menggoreng makanan, dan cobalah gunakan cara memasak lain, seperti mengukus atau memanggang, untuk mengurangi kandungan lemak yang masuk ke tubuh.
 
6. Jangan Malas Bergerak
Ingat, meskipun sedang puasa, bukan berarti kita boleh bermalas-malasan, ya. Jadi, pastikan kamu tetap beraktivitas rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.
 
Berjalan setidaknya setengah jam setiap hari untuk membakar kalori, dan menjaga aliran darah kita terpompa dengan baik.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.pexels.com
 
Baca juga:

Topic

#HidupSehat

polling

Tips Menjaga Berat Badan Saat Puasa

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!