Yuk, Jadi Relawan Lingkungan!

by : Maharani Legita
Posted : February 12, 2018
Saat melihat sampah bertumpuk di suatu tempat atau lingkungan sekitar yang tidak bersih, kamu pun berniat untuk membersihkannya. Daripada niat mulia kamu itu hanya tersimpan dalam hati, coba deh, kamu salurkan dengan menjadi relawan/volunteer di organisasi resmi. Selain ikut menjaga kebersihan bumi, kamu juga bisa belajar berorganisasi, sekaligus dapat teman baru. Ada beberapa organisasi yang bisa kamu ikuti, nih infonya.
 
1. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI)
Kalau kamu tertarik pada isu-isu lingkungan, kamu bisa bergabung dengan KOPHI. Organisasi ini  didirikan khusus untuk anak muda berusia 16-30 tahun yang peduli pada isu-isu lingkungan.

Kegiatan mereka biasanya berupa membersihkan sampah, mengajarkan kepedulian lingkungan pada anak-anak, hingga mengadakan seminar bersama tokoh-tokoh yang peduli pada lingkungan hidup. Cabang KOPHI sudah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.
 
2. Clean Up Jakarta
Seorang ekspat asal Inggris bernama Angela Richardson yang pertama kali mendirikan organisasi ini. Angela hobi menjelajahi Jakarta, dalam penjelajahannya ia melihat Jakarta ternyata memiliki banyak kawasan yang penuh sampah.

Karena khawatir melihat kondisi Jakarta yang makin kotor dengan sampah, Angela kemudian membentuk kegiatan Clean Up Jakarta. Ternyata banyak warga Jakarta yang mendukung, termasuk para remaja dan anak mudanya. Kegiatan mereka antara lain, memunguti sampah saat car free day, dikumpulkan dan diserahkan ke Dinas Kebersihan.
 
3. Gerombolan Peduli Sampah (GROPESH)
Gerombolan yang ini punya banyak kegiatan positif, lho. Para relawan di Gro. Pesh menyebarkan kepedulian pada lingkungan dengan melakukan kampanye di sekolah-sekolah, mengadakan pelatihan pembuatan kompos dan pelatihan mengenai kesadaran lingkungan hijau. Organisasi yang berdiri tahun 2010, berkantor di daerah Kramat, Jakarta Pusat ini bisa kamu undang untuk datang ke sekolah atau kampus kamu.
 
Selain ketiga organisasi tadi, masih banyak organisasi yang membuka pintu bagi anak muda untuk menjadi relawan. Kalau kamu berminat, buruan deh, cari infonya dan bergabung menjadi relawan. Editor: Maharani Legita – Foto: dok. ageuk.uk.org, uworkin.com

Baca Juga:

Topic

#trivia , #lifehacks

polling

Valentine's Day Flower

Kalau dikasih bunga di hari valentine, penginnya dapat bunga…

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Sifatmu yang humoris selalu berhasil mencairkan suasana yang tegang di kelas. Tapi, perhatikan situasi dan kondisi.
Pisces

Pisces

Lebih besar pasak daripada tiang. Oh no!
Aries

Aries

Lagi romantis-romantisnya sama pacar,nih.
Taurus

Taurus

Lagi mudah terbawa perasaan. Makanya, emosimu jadi gampang berubah.
Gemini

Gemini

Terkadang kita harus memberi sedikit jarak agar dia sadar arti keberadaan kita.
Cancer

Cancer

Hubungan semakin awet karena kalian sangat santai menjalaninya.
Leo

Leo

Psst! Akan ada kejutan yang bikin kamu semakin sayang dia.
Virgo

Virgo

Saatnya untuk mulai melakukan hal yang ada di to-do-list.
Libra

Libra

Lagi berada di antara dua pilihan. Sebaiknya ikuti kata hati.
Scorpio

Scorpio

Asyik, dapat uang jajan tambahan, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Wah, hubungan dengan si dia mulai menjauh. Segara cari tahu penyebabnya!
Capricorns

Capricorns

Kondisi keuangan lagi berada di nominal paling tinggi.
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!