Hujan Pertama

by :
Posted : May 13, 2016
Aku menyilang angka 21 di kalender kecil yang terpajang di meja belajar. September sudah berakhir lebih dari dua minggu. Aku masih ingat saat masih kecil dulu, nenek bilang bulan-bulan yang berakhiran kata –ber biasanya selalu turun hujan terus-menerus. Di bulan-bulan itu Ibu selalu membekaliku payung, tidak lupa dengan kresek hitam besar untuk membungkus tas dan buku sebelum berangkat sekolah. Antisipasi kalau-kalau hujan turun waktu pulang sekolah.
 
Kini sepertinya musim sudah berubah dan sulit  untuk terbaca dengan prakiraan biasa. Kata bu Ningsih guru IPA-ku, hal ini disebabkan oleh global warming. Beliau menjelaskan  meningkatnya pemanasan global salah satu faktor yang menyebabkan cuaca tidak menentu, dan udara yang semakin panas pada malam hari sekalipun.
 
September harusnya sudah masuk musim penghujan, tetapi di daerahku hujan tidak turun di bulan itu. Memasuki bulan Oktober pun hujan belum juga turun.
 
“Bu, Oktober sebentar lagi habis. Kok, hujan belum turun juga, ya?”
 
“Belum waktunya. Mudah-mudahan hujannya nanti saja kalau semua padi ini sudah kering.”
 
“Kok Ibu do’anya begitu sih. Tuh, sumur sudah menguning airnya bu, airnya pun kelihatan hampir habis.”
 
“Tidak ada maksud do’a begitu. Turun hujan ya syukur belum ya juga syukur. Biar hujannya turun di tempat yang kena bencana asap saja dulu, Nduk.”
 
Aku menghela napas lalu mendongakkan wajah kelangit biru yang terik. Aku tidak boleh mengeluh, harusnya aku bersyukur masih bisa melihat langit yang biru.
 
***
 
Aku menyilang angka 30 di kalender kecil milikku lagi. Masih dengan hitungan harap yang sama seperti hari-hari sebelumnya. Turun hujan. Semua padi sudah kering. Semoga hujan cepat turun, agar sumur sebagai sumber mata air satu-satunya yang sudah sat dapat terisi lagi.
 
Aku menyalakan kipas angin ke angka empat. Benar-benar berharap agar hujan turun saat ini juga. Kuhempaskan tubuhku di kasur, Jumat siang yang panas dan melelahkan. Aku meraih handphone yang sejak dua hari lalu tidak kusentuh. Sambil beristirahat sejenak sebelum membantu Ibu lagi, aku membuka akun sosial mediaku. Melihat-lihat apa yang sedang dilakukan teman-temanku, maupun mencari berita-berita terkini.
 
Tiba-tiba ada suatu getaran menelusup saat membaca berita di beranda facebook kiriman temanku. Hujan Turun Saat Pelaksanaan Sholat Istisqo Berlangsung. Perasaan haru menyelimuti seketika, sampai aku menitikkan air mata saat melihat gambar orang-orang bersujud di lapangan terbuka yang terguyur hujan. Kekuatan do’a sungguh luar biasa.
 
Sorenya, aku menceritakan apa yang kubaca di sosial media kepada Ibu.
“Kita bisa shalat minta hujan, bu. Biar di sini juga hujan.”
 
Ibu tersenyum sambil masih sibuk mengupas pisang mentah untuk dijadikan sriping.
 
“Iya Fren, Bapak sudah ikutan sholat Istisqo tadi. Rupanya kamu tidur nyenyak ya.”
 
Aku tidak mengerti maksud Ibu jadi aku mengerutkan kening. Oh, ternyata aku tertidur pulas pulang sekolah tadi. Ibu memberitahuku kalau hujan sudah turun selepas jumatan berakhir tadi. Aku langsung berlari ke arah jendela, aku tersenyum lebar melihat dedaunan yang basah dan tanah-tanah yang sedikit tergenang air. Kemudian butiran-butiran kecil jatuh perlahan.
           
“Ibu, hujan lagi!” teriakku senang seakan baru kali pertama melihat hujan turun sepanjang hidupku. Ya, ini adalah hujan pertama yang kulihat di bulan Oktober ditahun 2015. Senang, haru serta sejuk menelusup cepat kala butiran-butiran itu bertambah semakin banyak. Terimakasih Tuhan telah mengabulkan doa-doa kami.*** Rina Sulistiyani

polling

Hujan Pertama

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!