Nama Pena

by :
Posted : October 6, 2015






















Nama pena bukan urusan sederhana buat Riri. Baginya nama pena harus dipakai satu kali kemudian digunakan seterusnya. Sampai sekarang Riri belum bisa memutuskan nama pena yang akan dia gunakan.
 
"Pakai nama asli saja," usul Yunita.
 
Riri menggeleng. Bukan tidak menghargai nama yang diberikan orangtuanya. Tapi namanya terlalu biasa. Sebuah nama untuk karya tulis harus memikat. Harus bisa memerangkap setiap mata yang membacanya hingga memutuskan membaca karya yang dia tulis
 
"Nama penaku sepertinya harus diawali huruf W deh, Ta," ujar Riri. “Novelis yang berawalan huruf  W karyanya bagus-bagus. Sebut saja Windry Ramadhina, Windhy Puspitadewi, Winna Efendi. Trus, nama yang ada huruf W di dalamnya juga karyanya bagus. Ada Riawani Elyta dan Shabrina Ws," jelas Riri.
 
"Ya sudah, Ri. Cari aja tuh di buku itu nama yang berawalan huruf W," seru Yunita sembari menunjuk buku nama-nama bayi. Riri mencari inspirasi dari mana-mana tentang nama, termasuk membeli buku tentang nama-nama bayi.  "Nama itu harus ada unsur nama dariku juga. Bukan asal comot nama,” elak Riri.
 
Mata Riri memandang deretan buku yang ada di kamar Yunita. Dan hey…
 
“Ta…” Seru Riri yang membuat Yunita kaget.
 
“Apaan sih?”
 
"Ary Nilandari, Ari Kinoysan, Ari Nur Utami. Itu nama-nama penulis yang nama mereka Ari semua."
 
"So?"
 
"Gimana kalau nama penaku juga pakai nama Ari?"
 
"Nah... Iya. Apalagi nama kamu kan ada Ri juga. Jadi pas kalau nama pena harus memuat nama kamu. Gimana kalau Aryati atau Aryanti?" tanya Yunita.
 
Riri menggelengkan kepalanya. "Itu terlalu sederhana, Ta."
 
Yunita mendesah kecewa. Riri sangat suka menulis. Cerpen-cerpennya juga bagus. Tapi sampai sekarang dia belum pernah mengirimkan tulisannya ke media. Alasannya hanya karena nama pena.
 
***
 
"Wuiiih, Teguh Affandi namanya nongol terus di koran minggu," seru Yunita yang sedang membuka grup Sastra Minggu di facebook. Grup yang mengabarkan karya siapa saja yang dimuat di koran minggu. "Selain cerpen, juga ada resensi TA di koran." Yunita mendecak kagum. "Dia pasti gigih mengirim tulisan," cerocos Yunita lagi.
 
"Seperti namanya, Ta. Teguh. Teguh yang teguh berjuang," kata Riri. "Eh, tunggu..." Riri teringat sesuatu. "Bagaimana kalau nama penaku juga ada Teguh?"
 
Nama pena lagi. Sungguh bosan membahas tentang nama pena dengan Riri. Yunita menatap Riri yang duduk dengan siku menopang dagunya. Riri sedang berpikir serius. Astagaaa…
 
***
 
“Yunitaaaa….” Riri memanggil Yunita dan berlari menuju sahabatnya itu.  Riri menyodorkan dua majalah pada Yunita. Ada dua cerpen Yunita di sana.
 
"Aaaaaa...." Yunita bersorak dan memeluk Riri. Kemudian dia memandang-mandang tulisan namanya yang tertulis di majalah.  
 
"Ta," panggil Riri. "Ngiri deh sama kamu. Cerpen kamu bisa dimuat di dua majalah gini." suara Riri nampak sendu.
 
"Ri, cerpen kamu juga bagus. Stop mikirin nama pena. Langsung kirim aja dengan nama asli kamu. Redaksi itu enggak melihat nama kamu, tapi bagaimana tulisan kamu. Jadi, pede aja dengan nama asli."
 
"Iya, Ta. Mungkin harus begitu. Selama ini tenagaku habis mikirin nama pena aja." Yunita membenarkan.
 
"Eh tapi..." Riri teringat sesuatu. "Kamu ingat Yuniar Khairani dan Yulina Trihaningsih?" Yunita mengangguk. Dua nama cerpenis yang Riri dan Yunita suka.
 
"So?"
 
"Nama mereka diawali Yu. Nama kamu juga Yu. Apa aku pakai nama pena yang juga berawalan Yu?"
 
Astaga! Yunita menepuk keningnya. Masalah nama pena ini entah kapan akan berakhir.***Hairi Yanti

 

polling

Nama Pena

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!