Battle of Surabaya

by : Ria Juwita
Posted : August 23, 2015
Sesaat setelah Indonesia merdeka, tragedi pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu bikin Jepang menyerah pada sekutu. Meski begitu, Jepang masih tidak mau mencabut kekuasaannya di beberapa daerah, termasuk Surabaya. Hal inilah yang membuat Perang Surabaya terjadi di 10 November 1945. Semua penduduk Surabaya pun nyaris terlibat, termasuk Musa, seorang anak kecil penyemir sepatu.
 
Berusia 13 tahun, secara fisik Musa (Ian Saybani) bukanlah anak cowok spesial. Hidup sangat sederhana bersama sang ibu di rumah kecil di daerah Surabaya, Musa memutuskan untuk menjadi seorang tukang semir sepatu demi membantu perekonomian keluarganya.
 
Tapi, tidak hanya menjadi tukang semir sepatu, Musa juga merupakan seorang kurir yang mengantarkan surat dari para pejuang ke keluarga mereka. Yang paling penting, sosok Musa menjadi sangat penting, karena ia juga dipercaya untuk mengantarkan surat-surat rahasia bagi para tentara dan pejuang Indonesia.
 
Suatu hari, Residen Sudirman perlu memberi sebuah pesan untuk pejuang Indonesia. Sayangnya, saat itu kawasan Surabaya selalu dijaga ketat oleh para penjajah. Musa pun dipercaya untuk mengantar surat tersebut, karena dianggap sebagai sosok paling aman. Musa yang awalnya tidak yakin bisa melakukan hal itu pun akhirnya ditemani oleh Danu (Reza Rahadian), seorang tentara muda. Danu mengatakan bahwa anak kecil seperti Musa tidak akan dicurigai oleh mereka.
 
Tapi, menjadi pengantar misi surat rahasia nggak dijalani Musa seorang diri. Yumna (Maudy Ayunda), seorang gadis remaja berusia 14 tahun, juga memiliki profesi sama. Karena itulah, Musa dan Yumna jadi berteman dekat.
 
Sayangnya, ada satu rahasia Yumna dan Danu yang bikin Musa jadi bingung dan tidak percaya. Belum lagi, selama menjalankan misi mengantarkan surat, Musa terpaksa kehilangan beberapa orang yang dicintainya.
 
Meski berlatar cerita sejarah dan menampilkan beberapa tokoh bersejarah, Battle of Surabaya juga menyelipkan candaan yang dibalut dalam bahasa Jawa dan mampu mencairkan suasana. Animasi yang bagus pun pasti bisa memukau para penonton. Sebuah pembuktian kalau animator Indonesia juga bisa bersaing!
 
Battle of Surabaya
Kategori: Film Bioskop
Sutradara: Aryanto Yuniawan
Pengisi Suara: Ian Saybani, Maudy Ayunda, Reza Rahadian
Produksi: MSV Pictures
Tayang di Indonesia: 20 Agustus 2015
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. MSV Pictures

polling

Battle of Surabaya

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.