Cerita Emte di Balik Pembuatan Komik Gugug!

by : Laura Felicia
Posted : November 13, 2018
Pada tanggal 6 November 2018, Gramedia Pustaka Utama sebagai salah satu penerbit buku di Indonesia, telah resmi meluncurkan silent comic Gugug! di Jakarta! Dalam acara ini, Mohammad Taufiq atau yang lebih akrab dipanggil dengan Emte juga membuka pameran Gugug! di Ganara Art Gallery, Kemang, lho!
 
Dalam membuat sebuah komik, seseorang bebas untuk berimajinasi, tanpa harus ada yang membatasinya. Sama halnya dengan Emte, saat ia menciptakan karakter Gugug!. Komik ini bercerita tentang petualangan seekor anjing di sebuah perkotaan besar.
 
Emte ingin menggambarkan Gugug! ibarat seorang individu yang hidup di kota besar dan terus mengalami perkembangan zaman. Namun, individu ini digambarkan dari kacamata seekor binatang.
 
Uniknya, kamu tidak akan menemukan narasi pada komik Gugug!.
 
“Sejak dulu, saya memiliki kebiasaan untuk menggambar tanpa membuat dialog. Saya memang nggak pintar untuk membuat narasi. Selain itu, saya juga belum menemukan formula yang cocok, kalau si Gugug! sebagai tokoh utama dalam cerita ini berbicara, ujar Emte.
 
Dalam karyanya, cowok yang berprofesi sebagai illustrator dan desainer grafis ini ingin membuat para pembaca dapat menikmati cerita dan menerjemahkannya dari sudut pandang mereka sendiri. Setelah membaca, setiap orang dapat menafsirkan cerita dengan versi yang berbeda-beda.
 
Dapat dikatakan bahwa Gugug! adalah komik yang diproduksi dengan formula merekam apa yang dilihat dan menuangkannya menjadi sebuah karya. Gugug! lahir berdasarkan pengalaman pribadi Emte yang memang sering berpetualang sambil memotret.
 
Ide awal pembuatan Gugug! terinspirasi dari tempat tinggal Emte, yaitu Jakarta. Setiap sudut kota Jakarta pasti memiliki ceritanya masing-masing. Oleh karena itu, Emte ingin membagikan cerita tentang lingkungan Jakarta beserta masyarakatnya, melalui sebuah komik.
 
Saat membaca komik Gugug!, kamu akan menemukan hal-hal yang kurang diperhatikan oleh banyak orang, seperti kehidupan di permukiman kumuh dan berbagai komunitas yang ada di jalanan, lho!
 
Menurut Beng Rahadian seorang komikus yang turut hadir pada acara ini, komik Gugug! memiliki cita rasa internasional, tanpa menghilangkan unsur-unsur lokal. Selain itu, komik ini juga dapat menjadi bukti bahwa masih ada harapan untuk melakukan penerbitan karya dalam versi print, walaupun sekarang sudah memasuki era digital.
 
Selain meluncurkan sebuah komik, Emte juga membuka pameran Gugug! di Ganara Art Gallery, Jakarta sampai tanggal 16 November 2018. Dengan adanya pameran ini, kamu bisa melihat proses kerja Emte dalam memproduksi komik Gugug!. Dimulai dari sebuah coretan pensil yang dituangkan di atas kertas, sampai akhirnya menjadi sebuah cerita.
 
Komik Gugug! sudah dapat kamu beli di toko buku dengan harga Rp 79.000,-. Kalau penasaran dengan proses pembuatan komiknya, jangan lupa datang ke Ganara Art Gallery, Jakarta, ya!
 
Gugug!
Penulis: Mohammad Taufiq
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 104 halaman
 
Editor: Maharani Legita - Foto: Laura Felicia, Gramedia Pustaka Utama
                                                                                                                     
Baca juga:

Topic

#ReviewBuku

polling

Cerita Emte di Balik Pembuatan Komik Gugug!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!