Enchanting Tales from Indonesia, Kumpulan Cerita Rakyat Berbahasa Inggris

by : Putriyantini
Posted : April 1, 2017
Penulis muda, Andari Deswandhy sejak kecil sudah menjalani studi di sekolah internasional. Hal itu kemudian bikin ia sadar bahwa dia dan anak-anak lain dengan latar belakang sama nggak dekat dengan budaya asli Indonesia. Makanya, kemudian ia mulai mencari tahu sendiri soal warisan budaya Indonesia dengan membaca berbagai cerita rakyat Indonesia. Sayangnya, lebih fasih berbahasa Inggris, Andari agak kesulitan ketika harus membaca dalam bahasa Indonesia. Itulah yang bikin ia membuat Enchanting Tales from Indonesia ini.  
 
Enchanting Tales from Indonesia berisi 5 dongeng atau cerita rakyat paling populer di Indonesia. Semuanya pun disajikan dalam bahasa Inggris. Pertama adalah Harta Terpendam yang merupakan cerita rakyat Bali. Menceritakan seorang petani pekerja keras yang ingin menguji anak-anaknya. Sebelum meninggal, ia mengatakan bahwa ada warisan dengan jumlah banyak terpendam di sawahnya. Setelah menggali seluruh sawah, harta itu tak kunjung ditemukan. Ternyata, ada maksud lain di balik wasiat mendiang ayahnya tadi.
 
Kedua, Malin Kundang yang pastinya sudah banyak yang tahu ceritanya. Yup! Menceritakan Malin yang durhaka kepada ibunya akibat dibutakan oleh harta. Ia pun dikutuk menjadi batu sesaat setelah nggak mengakui ibu kandungnya dengan kasar. Ketiga, Bawang Merah Bawang Putih yang menceritakan nasib merana Bawang Merah setelah kedua orang tuanya meninggal. Ia harus tinggal bersama ibu dan kakak tirinya yang jahat. Hingga suatu hari ia menolong seorang nenek yang kemudian memberikannya labu berisi perhiasan berlimpah.
 
Keempat adalah Cindelaras, menceritakan seorang anak raja yang terpaksa tinggal di tengah hutan. Ia tinggal bersama ibunya sejak lahir, setelah sang ibu difitnah oleh salah satu istri ayahnya. Hingga suatu saat ia berhasil bertemu dengan sang raja lewat adu ayam. Kelima adalah Timun Mas, menceritakan seorang ibu yang mengidamkan anak perempuan. Hingga suatu hari harapannya itu diwujudkan oleh monster hijau lewat bibit timun. Seorang anak perempuan cantik pun lahir dari timu tersebut. Tapi, sang ibu harus menyerahkan anak itu ketika usianya mencapai 17 tahun kepada monster hijau untuk disantap.
 
Gaya penceritaan Andari sangat mengalir dan mudah dimengerti. Ia juga nggak menggunakan istilah sulit, jadi kita pun mudah mencerna isi ceritanya. Nggak cuma itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi karya Cecillia Hidayat yang cute banget.
 
Enchanting Tales from Indonesia
Pengarang: Andari Deswandhy
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Kategori: Fantasi

Editor: Indah Nainggolan - Foto: Dok. PT Gramedia Pustaka Utama
 
Baca Juga
Never Looking Back
Kisah Indah Seleb Bersama Ibu Mereka
Cerita Cinta ala Romeo Gadungan

Topic

#reviewbuku

polling

Enchanting Tales from Indonesia, Kumpulan Cerita Rakyat Berbahasa Inggris

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.