Hindari Aksi “Bully” di Media Sosial, Instagram Rilis Fitur Terbaru Ini

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : October 8, 2019

Kamu salah satu pengguna aktif Instagram? Pasti tahu, kan, kalau fenomena bullying rawan terjadi di media sosial, termasuk Instagram? Berangkat dari kepedulian tersebut, Instagram meluncurkan fitur “Batasi” guna menekan aksi cyberbullying di media sosial. 

Ingin memberikan pengalaman ber-media sosial yang aman dan positif bagi para penggunanya, Instagram meluncurkan fitur bertajuk “Batasi” (Restrict) pada 3 Oktober 2019. 

Fungsi dari fitur ini sendiri ialah untuk melindungi para pengguna Instagram dari komentar maupun pesan yang sifatnya menyinggung ataupun bernada negatif.

Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka. Fitur “Batasi” didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” jelas salah seorang juru bicara dari Instagram.

Cukup aktifkan fitur “Batasi” dengan menggeser kiri pada komentar negatif yang kamu terima atau kamu juga bisa memilih opsi “Restrict/Batasi” secara langsung lewat akun mereka. Untuk mengubah, cukup memilih “Unrestrict/Batal Batasi”. Mudah, kan?

Saat fitur ini kamu aktifkan, komentar atau pesan dari orang lain akan secara otomatis tersembunyi bagi kamu dan pengguna Instagram lainnya. Artinya, hanya orang yang berkomentar tersebut yang akan bisa melihat pesan tersebut.

Nggak menutup kemungkinan untuk kamu bisa melihat kembali komentar tersebut, kok! Karena Instagram turut menawarkan pilihan berupa “Lihat Komentar”. Kamu juga bisa menentukan untuk menyetujui siapa saja yang bisa melihat komentar, menghapus komentar, bahkan membiarkan komentar tersebut tetap ada.

Nggak cuma ada di kolom komentar, fitur ini juga ada di Direct Message (DM) milikmu. Ketika kamu sudah membatasi orang-orang yang dapat mengirimkan pesan untukmu, pesan dari mereka akan otomatis masuk ke message request, di mana saat kamu membaca pesan dari mereka tidak akan terlihat tulisan “Seen”.

Mereka yang dibatasi mengirim pesan untukmu juga tidak akan tau kapan kamu aktif di Instagram (“Active Now) dan kamu juga akan menerima notifikasi tentang akun-akun yang kamu batasi tersebut. No more worry!

Selain menghadirkan fitur “Batasi”, Instagram juga menambahkan stiker pada Instagram Stories bertuliskan “Create Don’t Hate”. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran para pengguna Instagram agar selalu membagikan konten-konten yang positif di Instagram dan menolak tindak bullying.

Foto: Dok. Instagram, www.theverge.com 

Baca Juga: 

•    Instagram Luncurkan Filter dan Stiker GIF Khusus Ramadan dan Idul Fitri
•    Instagram Luncurkan Program Akademi Instagram
•    Instagram Luncurkan Fitur Penyaring Komentar Otomatis untuk Para Milenial
 

Topic

#HiTech , #Aplikasi , #LifeHacks

polling

Hindari Aksi “Bully” di Media Sosial, Instagram Rilis Fitur Terbaru Ini

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!