Museum Macan “Bawa” Yayoi Kusama ke Jakarta

by : Fransiska Soraya
Posted : May 22, 2018
Setelah pameran Museum Macan berakhir pada Maret 2018 lalu, kini Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara tersebut menghadirkan pameran temporer lainnya yang sayang banget buat kamu lewatkan. Ya, kali ini Museum Macan membawa karya-karya dari Yayoi Kusama ke Jakarta!
 
Lebih dari 130 karya dari Yayoi Kusama dipamerkan di museum yang beralamat di AKR Tower Level MM Jalan Panjang No.5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersebut. Bukan tanpa alasan Museum Macan memamerkan karya dari seniman asal Jepang tersebut. Yayoi Kusama memang sedang menggelar pameran berskala internasional berjudul Yayoi Kusama: Life is The Heart of A Rainbow

 
Pameran tersebut merupakan pameran survei yang menampilkan karya-karya yang dibuat Yayoi Kusama dalam jangka 70 tahun. Museum Macan adalah lokasi ketiga dan terakhir dari pameran internasional Yayoi Kusama yang sebelumnya digelar di National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery – Gallery of Modern Art di Australia. 
 
Nggak hanya sekadar memamerkan karyanya, Yayoi memfokuskan pameran ini pada perkembangan artistik dirinya selama hampir 70 tahun, dimulai dari era 1950-an. Kamu akan dibawa pada berbagai kisah hidupnya yang menjadi inspirasi karya seni dari perempuan yang sempat tidak disetujui oleh orang tuanya ketika memutuskan untuk menjadi seniman tersebut.
 
Semasa hidupnya, Yayoi Kusama sering mengalami halusinasi. Semua benda yang dia lihat seperti memiliki polkadot. Itulah mengapa karya seni Yayoi, mulai dari lukisan, patung, dan instalasi lainnya menampilkan banyak motif polkadot.
 
Lebih dari itu, Yayoi juga sering menggunakan elemen jaring dan motif labu dalam karyanya. Elemen jaring tersebut menunjukkan kemampuan seni Yayoi yang tanpa batas, revolusioner dengan media tiga dimensi, dan mengabaikan komposisi yang baku. Sedangkan, motif labu dipilihnya, karena memang seorang Yayoi menjadikan labu sebagai makanan sehari-harinya.
 
Serunya, di pameran yang diadakan di Indonesia ini, kamu bisa melihat karya dari Yayoi Kusama yang nggak dipamerkan di dua pameran sebelumnya lho, di antaranya adalah Flower (1953) dan Untitled (Child Mannequin) (1966). 
 
Kamu pengin tahu sneak peek karya-karya Yayoi Kusama dari pameran Yayoi Kusama: Life is The Heart of A Rainbow yang ada di Museum Macan? Klik di sini, ya!
 
Buat yang pengin mencari alternatif kegiatan menghabiskan weekend yang seru, terlebih bagi kamu yang sangat menyukai museum dan karya seni, Museum Macan yang menampilkan pameran Yayoi Kusama: Life is The Heart of A Rainbow bisa kamu kunjungi mulai 12 Mei – 9 September 2018, buka Selasa – Minggu dari pukul 10.00 – 20.00 WIB (last entry pukul 19.00 WIB). Tiketnya dibanderol Rp100.000,- (dewasa), Rp90.000,- (pelajar), dan Rp80.000,- (anak-anak).
 
Info lebih lengkap, kamu bisa cek Instagram museummacan atau kunjungi website-nya di sini.


 

 

Foto: Fransiska Soraya, Leoni Sihombing
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

Museum Macan “Bawa” Yayoi Kusama ke Jakarta

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!