Victor Frankenstein

by : Filani Olyvia
Posted : January 25, 2016
Meski sudah bekali-kali diadaptasi menjadi film pun serial teve, bisa jadi belum banyak yang tahu bagaimana cerita asli dari seorang scientist muda bernama Victor Frankenstein. Nggak sedikit yang keliru dengan beranggapan bahwa Frankenstein adalah nama dari makhluk mengerikan yang diciptakan oleh Victor. Biar nggak bingung lagi, kamu bisa langsung baca novel gothic romance yang ditulis novelis Mary Shelley saat ia masih berusia 18 tahun ini.
 
Cerita ini diawali dengan surat-surat yang ditulis oleh Robert Walton ditengah usahanya menuju Kutub Utara. Ia percaya bahwa ekspedisi ke Kutub Utara, tempat yang belum terjamah oleh umat manusia ini akan sangat bermanfaat. Saat itulah, ia menemukan Victor Frankenstein, hampir tenggelam di lautan beku. Walton menolongnya, menjadikannya sahabat. Sebagai gantinya, dia mendapatkan sebuah kisah luar biasa, yang nyaris sulit dipercaya oleh manusia di mana pun juga.
 
Frankenstein kecil adalah anak cerdas dan selalu ingin tahu. Dia banyak belajar dan membaca buku. Hasratnya akan ilmu pengetahuan begitu besar. Sampai suatu ketika, ia berhasil menemukan rahasia kehidupan. Berbekal rahasia itu, ia bekerja siang dan malam selama berbulan-bulan untuk menciptakan “kehidupan” bagi sebuah makhluk. Namun, saat makhluk itu membuka mata, Frankenstein justru melarikan diri dengan rasa takut yang amat sangat.
 
Ia mulai menyadari bahwa makhluk itu nggak seharusnya ia ciptakan. Makhluk itu tampak sangat menyeramkan, nggak seperti seorang manusia yang awalnya ia rencanakan. Karena ditinggal penciptanya, makhluk itu pun keluar ke dunia ramai. Berusaha mencari teman, dan juga cinta. Namun yang diperolehnya justru kebencian dan ketakutan.
 
Akibat penolakan tersebut, makhluk itu menjadi pendendam dan penuh kebencian. Ia bersumpah akan membalas dendam kepada Frankenstein, karena telah memberi kehidupan yang nggak menyenangkan itu padanya. Satu per satu, orang-orang yang disayangi Frankenstein pun jadi korban dari dendam makhluk ciptaannya tersebut.
 
Bahasa yang digunakan oleh Mary Shelley sangat indah dan sentimental, khas dengan gaya Eropa abad pertengahan. Perpindahan sudut pandang dari Kapten Walton, Dokter Frankenstein dan juga ‘monster’ Frankenstein yang halus pun pastinya patut diapresiasi. Sebagai pembaca, kamu akan selalu diajak menjadi ‘orang pertama’ dalam kisah-kisah yang diceritakan di dalam buku.
 
Selain itu, dari buku ini, kita bisa belajar bahwa menerima seseorang apa adanya memang nggak mudah. Tapi, penampakan luar bukanlah sesuatu yang penting dan bisa jadi menyesatkan. Kita pun harus memahami kodrat kita sebagai manusia, bukan pencipta. Ilmu pengetahuan memang wajib dikembangkan, tapi selalu ada area ‘terlarang’ yang nggak boleh kita langkahi.

Victor Frankenstein
Kategori: Novel Fiksi
Pengarang: Mary Shelley
Terbit di Indonesia: Desember 2015
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. PT Gramedia Pustaka Utama
 

polling

Victor Frankenstein

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!