50 Tahun Plan International Indonesia Wujudkan Kesetaraan Hak Anak Perempuan

by : Yessy Dwi Ramadhani
Posted : September 23, 2019
Berkomitmen dalam memperjuangkan hak anak, khususnya anak perempuan, kini Plan International Indonesia merayakan 50 tahunnya dengan menggelar malam apresiasi.
 
Plan International Indonesia adalah sebuah yayasan nasional yang bergerak dalam memajukan dan memperjuangkan kesetaraan hak anak-anak dan perempuan.
 
Bermula di Yogyakarta pada tahun 1969, kini Plan Indonesia telah bekerja di 7 provinsi. Saat ini sedikitnya ada 36.000 anak dampingan Plan Indonesia, khususnya pada anak perempuan di Nusa Tenggara Timur.
 
Di usianya yang ke 50 tahun, Plan Indonesia sudah membantu anak-anak perempuan di Jawa Tengah yang pernah putus sekolah dan rentan dipaksa menikah karena faktor ekonomi.
 
Selain itu, Plan Indonesia juga membantu anak-anak perempuan di Nusa Tenggara Timur yang dulu sangat malu berbicara karena kendala budaya. Mereka kini telah berani memimpin gerakan untuk memperjuangkan hak kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender, lho!
 
“Sebagai organisasi hak anak, kami akan terus berjuang untuk mendukung kesetaraan hak anak perempuan karena kami ingin anak-anak perempuan dapat menikmati kesempatan yang setara untuk pendidikan, pekerjaan, dan hal lainnya sehingga mereka dapat lebih berdaya,” ujar Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan International Indonesia
 
Pada tanggal 20 September 2019, Plan International Indonesia menggelar acara malam apresiasi di The MAJ Senayan dengan mengangkat tema “Journey For Equality”.
 
Yayasan Plan International Indonesia memberikan ‘Kanaga Award’, yaitu apresiasi kepada individu maupun institusi yang telah mendukung kerja Plan International Indonesia dalam usaha untuk mewujudkan kesetaraan hak anak, terutama anak perempuan.
 
Penghargaan ini diberikan kepada keluarga Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Rembang Abdul Hafidz, Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah, Atlet Bulu Tangkis Jonatan Christie, serta PT BTPN dan Pejuang Hak Anak di Sumba Timur, Selia Narwasti Nangi.
 
Pada malam apresiasi ini, Plan Indonesia juga turut menggandeng sejumlah anak dampingannya maupun organisasi anak yang menjadi mitra kerja untuk terlibat dalam acara. Diantaranya, Galatia Patrisius (anak dampingan Plan Indonesia di NTT), dan anak-anak dari Glowing Star, organiasi anak disabilitas.
 
Selain itu, Plan Indonesia juga berkolaborasi dengan seniman cilik, Jaimee Maulana dalam membuat scarf dan tote bag. Desain kolaborasi tersebut mengangkat tema kesetaraan anak-anak perempuan. Nantinya, hasil penjualan tersebut akan diperuntukan bagi anak-anak di NTT.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Facebook Plan International Indonesia, Yessy Dwi R
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

50 Tahun Plan International Indonesia Wujudkan Kesetaraan Hak Anak Perempuan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!