Cerita Para Explorers di Indonesia Young Creators Lab 2019

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : November 25, 2019
Diadakan pada 23 November 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta, Indonesia Young Creators Lab 2019 (IYCL) sukses membagikan banyak pengalaman dan pengetahuan bagi pada para generasi muda. Terdiri dari 3 diskusi tematik, The Explorer merupakan salah satu panel diskusi di IYCL 2019 yang cocok bagi kamu yang penuh rasa ingin tahu, berjiwa sosial tinggi dan senang menjelajah. 

Dipadati oleh peserta sejak pukul 9 pagi, IYCL 2019 dibuka dengan sambutan oleh Leoni Sihombing selaku Pemimpin Redaksi, Komunitas & Penanggungjawab GADIS. Acara yang turut dihadiri oleh ke-20 finalis GADIS Sampul 2019 ini diawali dengan meriah oleh tarian energik dari The Blessha.  

Pada diskusi Panel 1 yang bertajuk “The Explorer” - How They Power and Create Their Voices Through Social Movement & Achievements, mengungang 5 narasumber yang capable di bidangnya, di antaranya Hasna MufidaAnggis DindaFaye SimanjuntakAkeyla Naraya, dan Michaela Samantha berbagi cerita seputar kecintaan mereka di bidang seni, sosial, dan sains. 

Di kesempatan ini, Anggis Dinda sebagai Sekretaris Jenderal Youth of Indonesia (YOI) membagikan pengalaman YOI dalam mengangkat sejarah dan budaya Indonesia kepada para generasi muda dengan harapan tumbuh nasionalisme dalam tiap orang sejak dini.

YOI pengin menjadi wadah yang mempertemukan anak-anak muda dari berbagai latar belakang untuk bisa bertukar pikiran dan saling empower satu sama lain,” ungkap alumni GADIS Sampul 2012 tersebut. 

Faye SimanjuntakCo-Founder of Rumah Faye pun turut bercerita tentang awal ketertarikannya terhadap isu-isu sosial khususnya kasus perdagangan dan prostitusi anak di bawah umur.

“Aku tadinya bingung harus memulai dari mana. Mama aku yang mendorong aku untuk berani mengambil tindakan nyata sendiri. Mama yang selalu dukung aku dan mengingatkan aku untuk melakukan semua ini dari hati. Akhirnya, proses yang cukup lama aku jalani dan seiring waktu aku pun belajar untuk semakin pro-aktif,” ungkapnya.

Tidak sendirian, Hasna MufidaFounder of Fantasi Tuli pun turut mengajak para Teman Tuli untuk hadir pada IYCL 2019. Ia yakin bahwa siapa saja termasuk para Teman Tuli punya hak yang sama dalam menjalani passion dan meraih mimpi mereka.

“Ada beberapa Teman-Teman Tuli yang hadir di sini. Mereka berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari fashiondesign, fotografer, sampai moviemaker,” katanya.

Menjadi pembicara termuda pada panel diskusi hari itu, sang fashion desainer cilik Akeyla Naraya turut membagikan cerita tentang keterlibatan para kaum difabel sebagai pembatik pada koleksi terbarunya.

“Kata ibu aku, para difabel nggak punya kerjaan dan kebetulan mereka bisa membatik. Aku kira membuat batik bersama mereka akan sangat keren dan dari situ aku memilih mereka untuk menjadi pembatik aku,” ungkap Akeyla.

Panel 1 pun ditutup oleh student researcher Michaela Samantha yang menjelaskan lebih dalam tentang hasil penemuannya, yakni C-Rice: Computational and Experimental Design Development of Transgenic Rice yang berhasil memperoleh penghargaan pada ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF)2019 di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

“Aku pakai genetic engineering pada nasi tersebut. Hal ini bertujuan agar nasi yang dikonsumsi tanpa lauk sekalipun nantinya bisa memiliki nutrisi yang sama seperti daging,” jelasnya.

Wah, inspiring banget, ya, girls!


Editor: Indri Wulandari - Foto: Honda Tranggono
     

Baca Juga: 

Topic

#EventUpdate

polling

Cerita Para Explorers di Indonesia Young Creators Lab 2019

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!