Pahami Pentingnya Kesehatan Reproduksi Lewat Panel Self-Respect di Indonesia Young Creators Lab 2019

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : November 25, 2019
Masih dalam rangkaian acara Indonesia Young Creators Lab 2019 (IYCL) yang dilangsungkan pada 23 November 2019 di Gandaria City Hall, panel diskusi ke-3, Self-Respect, juga nggak kalah menarik, lho, girls! Di sini para peserta belajar langsung tentang kesehatan reproduksi dari ahlinya.

Setuju, dong, kalau self-respect itu penting banget? Yes, di panel diskusi ke-3 di IYCL 2019 ini ke-5 pembicara yang hadir membahas lebih dalam tentang kesehatan reproduksi. 5 pembicara tersebut, di antaranya Drg. Widwiono, MkesMeisya SiregarAnindya Kusuma PutriKaren Tjahja, dan Myura Blessya.

Sebagai Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Instasi Swasta/Plt. Direktur Kesehatan Reproduksi BKKBNDrg. Widwiono, Mkes membagikan banyak ilmu perihal kesehatan reproduksi khususnya bagi perempuan. Ia pun memperingatkan tentang resiko menikah di usia muda.

“Untuk menciptakan generasi yang baik, dianjurkan pernikahan pada usia di bawah 20 tahun dihindari,” ungkapnya.

Selain bicara tentang fakta kesehatan reproduksi, ada pula Meisya Siregar, aktris, presenter, entrepreneur, dan juga Alumni GADIS Sampul 1993 yang berbagi pengalaman seputar akses informasi yang cenderung sulit didapatkan di masa mudanya.

“Tahun 1993 adalah zaman di mana sex education masih sangat tabu dibicarakan oleh para orang tua pada anak-anaknya,” katanya. 

Berangkat dari kondisi tersebut, Meisya yang kini merupakan ibu dari 2 orang putri berusaha untuk menanamkan keterbukaan dalam hal sex education pada anak-anaknya.

Alumni GADIS Sampul 2008 sekaligus Puteri Indonesia 2015Anindya Kusuma Putri yang sejak dulu hingga kini aktif berolahraga mengaku sempat terlambat mengalami menstruasi di antara perempuan sebayanya, lho!  

“Aku dulu adalah atlet bulutangkis. Jadi dalam seminggu bisa latihan 5 - 6 kali dan memang fisik aku benar-benar diforsir saat itu. Kata dokter hal itu memang bisa berpengaruh terhadap keterlambatan menstruasi,” curhat Anindya

Sama halnya dengan Meisya Siregar dan Anindya Kusuma PutriFounder of Second Chance InitiativeKaren Tjahja pun mengaku bahwa akses terhadap sex education sangatlah minim dan terbatas.

“Bagi aku sex education itu penting banget. Kalau aku bisa memutar waktu kembali ke masa lalu, aku akan tanya ke orang tua aku tentang sex dan hal-hal yang berkaitan dengan itu,” ungkap Karen.

Founder of Anything Reusable yang juga merupakan Alumni GADIS Sampul 2018Myura Blessya menutup pembahasan tentang self-respect ini dengan menyampaikan harapannya terhadap kemudahan mengakses informasi perihal kesehatan reproduksi.

“Aku berharap supaya sex education bisa lebih mudah didapatkan oleh anak muda dari orang-orang terdekat mereka. Karena sejujurnya, infomasi yang generasi aku dapatkan juga itu-itu aja, cuma yang basic dan nggak cukup mengedukasi kita,” ucapnya.

Mengakhiri rangkaian diskusi panel dari IYCL 2019, aktivis muda Gloria Hamel menyampaikan monolog puitis bertemakan self-respect.

“Kita semua diciptakan berbeda-beda, lalu kenapa kita diekspektasikan untuk sama? Apa indahnya kalau kita semua seragam?” tutupnya.


Editor: Indri Wulandari - Foto: Honda Tranggono
     
Baca Juga: 

Topic

#EventUpdate

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!