SPEKIX 2019, Expo Unjuk Gigi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : August 30, 2019
Autisme seringkali masih dipandang sebagai suatu hal yang tabu di dalam masyarakat, tak terkecuali di Indonesia sendiri. Yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) bekerja sama dengan Zally Zarras Learning Center (ZZLC) tahun ini membentuk Special Kids Expo (SPEKIX) sebagai bentuk kepedulian terhadap isu autisme di Indonesia.

Mengangkat tema #BeautyinAbilityexpo yang diadakan pada 24-25 Agustus 2019 ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih seputar autisme dan cara terbaik untuk menanganinya. Selain itu, SPEKIX 2019 juga akan menjadi ajang bagi para generasi muda dengan kebutuhan khusus untuk menunjukkan bakat mereka masing-masing.

Selain mengedukasi para orang tua perihal cara menangani anak dengan autismeSPEKIX juga menjadikan ciri-ciri anak yang menderita autisme sebagai highlight dari kegiatan ini. Terdapat 7 ciri utama yang perlu diwaspadai oleh orang tua yang anaknya berpotensi menderita autisme, yakni:
  1. Anak tidak memliki ketertarikan bergaul dengan anak-anak lainnya.
  2. Anak tidak mampu menunjuk pada hal yang ia sukai.
  3. Anak tidak mampu menatap pada orang lain selama lebih dari 1-2 detik.
  4. Anak tidak mampu meniru ucapan, ekspresi wajah,ataupun gerak-gerik orang lain.
  5. Anak tidak bereaksi ketika namanya dipanggil.
  6. Anak tidak mau melihat ke arah benda yang ditunjukkan padanya.
  7. Anak tidak bisa bermain pura-pura atau role-play.
Apabila terdapat minimal 2 saja dari ketujuh ciri tersebut pada seorang anak, sebaiknya orang tua segera melakukan pemeriksaan kepada ahli.

Gayatri Pamoedji selaku Ketua Yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) yang juga merupakan orang tua dari anak dengan autisme menjelaskan tentang pentingnya support dalam upaya penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK).

“Kunci utama dari suksesnya penanganan generasi muda dengan kebutuhan khusus (anak-anak dan dewasa muda dengan autismeADHDADD, dan kesulitan belajar) terletak pada informasi yang akurat, sarana pendidikan, dan pelatihan tepat,serta dukungan dari berbagai pihak, terutama kepada orang tua agar tidak putus asa. 

Dukungan dari masyarakat luas, dapat dilakukan semudah tidak menggunakan kata ‘autis’ sebagai ejekan, mencari informasi lebih banyak tentang apa yang dibutuhkan generasi muda berkebutuhan khusus,serta mendukung dan menghormati keunikan mereka,” jelas Gayatri.

Acara SPEKIX 2019 sendiri merupakan lanjutan dari program “Jakarta Ramah Autisme” yang telah lebih dulu terlaksana pada 6 April 2013. Setelah berjalan selama lebih dari 5 tahun, program ini kemudian berkembang menjadi program “Indonesia Ramah Autisme”.

Terbuka untuk umum, acara ini dilangsungkan di Jakarta Convention Center lower lobby dan dimeriahkan dengan performance, serta lebih dari 130 booth yang berasal dari seluruh Indonesia, yang di dalamnya termasuk karya dari para teman-teman berkebutuhan khusus dan autisme.

Selain dimeriahkan oleh banyaknya booth informatif perihal autismeGADIS juga turut hadir di SPEKIX 2019, lho! Menjalin kolaborasi bersama dengan illustrator muda, Jaimee Maulanadan SPEKIXGADIS menjual kaus keren dengan ilustrasi karya Jaimee.

Hasil penjualan dari kaus ini nantinya akan disumbangkan untuk Masyarakat Peduli Autis Indonesia (Yayasan MPATI) dan Zally Zarras Learning Center (ZZLC), yang punya misi menciptakan persamaan hak bagi teman-teman berkebutuhan khusus.

Di kesempatan ini, GADIS juga sekaligus menyosialisasikan ajang yang paling ditunggu, yaitu GADIS Sampul 2019.

Tidak hanya itu, acara ini juga menyediakan workshop dan seminar yang mendatangkan pembicara ahli dari Singapura, Malaysia, Australia, dan Inggris. 

Selain menampilkan keistimewaan para anak dengan autisme lewat bakat mereka, SPEKIX juga turut mengajak beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB), lembaga pendidikan, dan terapis yang mampu menangani anak-anak bekebutuhan khusus untuk turut hadir di expo guna membagikan ilmu kepada para orang tua seputar pendidikan dan pemulihan anak-anak dengan autisme.

SPEKIX juga turut menyediakan konseling gratis bagi para orang tua yang ingin tahu lebih banyak perihal informasi seputar autisme. Adapula talk show yang berisikan sharing antara para generasi muda yang sudah mandiri dengan para orang tua pendidik.

Lewat tema #BeautyinAbility yang diangkat pada SPEKIX tahun ini, diharapkan agar semua orang dari segala lapisan mampu menghargai dan melihat keindahan dari karya para anak penyandang autisme.

Bentuk apresiasi yang diberikan tidak hanya tercipta karena adanya keterbatasan, tapi karena adanya kemampuan dari mereka yang setara dengan kita.

Editor: Ria Juwita - Foto: Audrey Meyer 

Baca juga: 
Keseruan Konser K-Content EXPO 2018 Bersama HIGHLIGHT, KARD, Lovelyz, Lyn, dan SNUPER
3rd Bandung Beauty Expo 2016 with Isyana Sarasvati 
100 Doraemon Secret Gadgets Expo 

Topic

#eventupdate

polling

SPEKIX 2019, Expo Unjuk Gigi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!