Arifah Mufaradiba, Jago Bikin Film

by : Priska Zahra
Posted : May 14, 2017
Cantik, pintar dan jago membuat film. Semua inilah yang menggambarkan cewek bernama Arifah Mufaradiba atau biasa dipanggil Ayi. Meski usianya masih berusia 16 tahun, ia sudah berhasil menerima beberapa penghargaan termasuk rekor MURI!
 
Kecintaannya sama film, membuat cewek yang masih duduk di bangku sekolah SMAN 5 Bogor ini tergerak untuk menjadi sineas muda sejak SD. “Seingatku, waktu zaman SD kelas dua aku suka banget film-film tentang perjuangan. Terutama kayak film seperti Nagabonar 2. Di film itu ada Om Deddy Mizwar dan aku tahu dia sutradara. Jadi, dari situlah aku kepengin bisa menjadi sutradara keren seperti dia,” kata cewek yang masih kelas XI ini.
 
Akhirnya, demi menggapai impiannya, ketika masuk SMP, Ayi memberanikan diri untuk ikut audisi membuat sebuah projek film khusus karya anak-anak dari seluruh Indonesia. Katanya untuk bisa memenangi audisi tersebut ia harus melawan ribuan anak dari Jakarta, lho. “Sempat merasa minder sih, karena lawannya banyak. Tapi, karena saat audisi mungkin aku bikin juri terkesan jadinya, aku lolos dan ikut camp. Saat camp aku mempelajari semua tentang film dan aku juga dilatih sama Almarhum Didi Petet dan sutradara Ardy Octaviand. Seru banget!” lanjutnya. “Selama dua minggu itu kita belajar sambil bikin film selama 90 menit bareng sama 50 anak yang sudah terpilih mewakili Indonesia. Di sini posisiku adalah sebagai sutradara,” kata cewek kelahiran Medan, 16 Januari 2001 ini.
 
Hebatnya lagi nih, Ayi berhasil mendapatkan rekor MURI untuk film yang dibuatnya bersama 50 anak lainnya, lho. “Aku dan anak-anak yang ikut camp bikin film berjudul 1000 Balon (2014). Lalu, setelah selesai film tersebut sempat tayang di bioskop CGV Blitz dan dapat apresiasi dari banyak orang. Dari sanalah aku bisa dapat penghargaan dari MURI sebagai film pertama karya anak-anak Indonesia. Senang, deh!” ungkapnya excited.
 
Sementara itu, meski sekarang ia sibuk dengan pendidikannya, kecintaan Ayi terhadap film sepertinya belum selesai. “Sekarang kan udah kelas XI masih belum mulai buat film lagi, sih. Aku masih fokus sama sekolah. Sepertinya terakhir kali aku bikin film sekitar Desember atau Januari lalu, aku buat video yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan. Ya, doakan saja deh, semoga aku bisa bikin film lagi nanti,” tutup cewek yang bercita-cita kuliah di jurusan Hubungan Internasional ini.
 
Fun Fact:
  • Kalau disuruh memilih Ayi paling suka nonton film Indonesia dibanding Hollywood, lho!
  • Karena pekerjaan ortu, Ayi sempat 6 kali pindah sekolah sampai sekarang.
  • Film kesukaannya adalah Focus (2015)
  • Cita-citanya pengin bisa kuliah di Universitas Airlangga, Surabaya
Editor: Maharani Legita - Foto: Dok. Pribadi
 
Baca Juga:

Topic

#itgirl

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAUL