Dira Ramadhani Sekarkhinanty: Jago Tarian Tradisional

by : Priska Zahra
Posted : September 26, 2016
Katanya, tarian tradisional sudah nggak terlalu diminati oleh kalangan remaja. Nyatanya, hal itu nggak terjadi sama remaja  kelas X di SMA Perguruan Yadika 5 ini. Dira nggak hanya mencintai kebudayaan Indonesia sebagai tempat kelahirannya, ia juga menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia dengan pintar menari tradisional. Yuk, kenalan!
 
Dira Ramadhani Sekarkhinanty atau biasa disapa Dira ini sudah menyenangi tari tradisional sejak berumur lima tahun, lho. “Ini karena Mama punya sanggar dan sejak kecil melihat Mama jago menari. Aku jadi pengin ikut mempelajarinya. Selain itu, karena keluargaku kental dengan darah seni dan diantaranya ada yang berprofesi menjadi penari, penyanyi bahkan dalang,” aku cewek yang masih berumur 15 tahun ini.
 
Beruntungnya, keahliannya membawakan 15 jenis tarian tradisional ini mampu mengantarkan Dira tampil di luar negeri. “Waktu itu, sekitar tahun 2014, aku dan 15 orang lainnya perwakilan dari Indonesia tampil di Taiwan dan itu untuk acara Asian Games juga,” kenang bungsu dari tiga bersaudara ini.
 
Hebatnya lagi, selain pernah mewakili Indonesia di luar negeri, Dira juga senang mengajarkan tarian tradisional di beberapa sekolah dasar di Jakarta. “Disamping memang cinta sama tarian tradisional, aku juga senang menjadi guru tari di dua SD. Bahkan karena kecintaanku ini, aku pernah memenangkan tarian kreasi tingkat provinsi. Rasanya senang banget!” cerita cewek yang gemar sama tarian Jawa Tengah dan Jawa Barat ini.
 
Kedepannya nanti, banyak impian Dira yang berharap bisa terwujud, “Aku pengin bisa ikut lomba tari kreasi sendiri dan bisa dikenal sebagai penari profesional yang go international,” tutup cewek yang lahir di Jakarta, 22 November 2001.
 
Fun Facts:
  • Penggemar Sate Padang
  • Buku Favoritnya adalah Satu Hari di 2018 (Media Kita;2015)
  • Penyuka warna biru muda dan merah maroon
  • Food Fighters, Jakarta adalah tempat hangout favoritnya
  • Pemilik akun Instagram andirasekar_
 
Pernah melakukan aksi berani dan inspiratif seperti Dira? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS.
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok.Pribadi
 

  • polling

    World Food Day - 16 Oktober

    Paling suka makan makanan dari negara...

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!