Greta Thunberg, Aktivis Muda yang Masuk Nominasi Penghargaan Nobel Perdamaian

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : September 30, 2019
Isu pemanasan global dan perubahan iklim ternyata nggak hanya menjadi perhatian para tokoh dunia, tapi juga sosok remaja yang satu ini. Di usianya yang masih 16 tahun, aktivis muda Greta Thunberg telah berkesempatan untuk berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PBB. Wow!
 
Cewek asal Stockholm, Swedia, yang lahir pada 3 Januari 2003 ini memang telah dikenal sebagai seorang aktivis lingkungan. Di tahun 2018, Greta menjadi tokoh penggerak yang memulai pemogokan sekolah pertama untuk kampanye perubahan iklim di depan gedung parlemen Swedia. 
 
Greta, yang saat itu tengah duduk di bangku kelas Sembilan, memulai aksinya karena bencana gelombang panas dan kebakaran hutan sedang melanda Swedia. 
 
Tak tanggung-tanggung, ia rela melakukan protes setiap hari Jumat di luar gedung parlemen Swedia sambil memegang tanda bertuliskan “Skolstrejk för klimatetyang berarti “Mogok sekolah untuk iklim”. Aksinya itu pula yang kemudian memperoleh perhatian dunia.
 
Nggak hanya sampai di situ, pada November 2018 lalu, Greta juga berkesempatan untuk menjadi salah satu pembicara pada ajang TEDxStockholm. Pada ajang tersebut ia mengungkapkan tentang kekhawatirannya terhadap keadaan dunia di masa depan.
 
"Kita tidak dapat mengubah dunia dengan bermain sesuai aturan karena aturan harus diubah,” ungkapnya pada ajang tersebut.
 
Di tahun ini Greta juga berkesempatan untuk menyampaikan aspirasinya pada World Economic Forum di Davos, Swiss.
 
Tidak hanya mendedikasikan dirinya melalui kegiatan-kegiatan kampanyeGreta juga memulai perubahan dari dirinya sendiri, yakni dengan menjadi seorang vegan dan berhenti berpergian menggunakan pesawat untuk mengurangi jejak karbon di lingkungan.
 
Kiprah Greta untuk turut ambil bagian dalam menjaga lingkungan dan kelangsungan Bumi pun tidak sia-sia. Ia berhasil memperoleh beragam penghargaan, salah satunya menjadi pemenang dalam kompetisi penulisan artikel debat Svenska Dagbladet di bulan Mei dengan topik “Iklim untuk Kaum Muda”.
 
Selain itu, Greta juga memperoleh beasiswa Fryshusetdari Model Peran Muda Tahun Ini dan menjadi salah satu dari 25 remaja paling berpengaruh di dunia tahun 2018 versi majalah Time.

Baru-baru ini, Greta juga menarik perhatian dunia berkat pidato ikoniknya di depan para pemimpin dunia pada Konferensi Tingkat Tinggi Aksi Iklim 2019 PBB di New York, AS.
 
"Ini semua salah. Aku seharusnya tidak berdiri di sini. Aku harus kembali ke sekolah. Namun kalian semua datang padaku untuk berharap? Beraninya kalian! Kamu telah mencuri mimpiku dan masa kecilku dengan kata-kata kosongmu dan aku adalah salah satu yang beruntung.
 
Orang menderita. Orang mati. Seluruh ekosistem runtuh. Kita berada di awal kepunahan massal. Dan yang bisa kau bicarakan hanyalah uang dan dongeng pertumbuhan ekonomi abadi. Beraninya kalian!” tegasnya.
 
Nggak heran, keberanian Greta disebut-sebut mampu menghantarkannya menjadi salah satu kandidat penerima penghargaan Nobel PerdamaianYou go, girl!
 
Cek video di bawah ini untuk menonton aksi Greta Thunberg di Konferensi Tingkat Tinggi Aksi Iklim 2019 PBB di New York, AS, beberapa waktu lalu ini, yuk!
 

 
Editor: Ria Juwita - Foto: www.thebulletin.org,  www.thefederalist.com
 
Baca juga: 

Topic

#CintaBumi , #ItGirl

polling

Greta Thunberg, Aktivis Muda yang Masuk Nominasi Penghargaan Nobel Perdamaian

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!