Jessica Sudarta, Harpist Go International

by : Maria Delviera
Posted : February 12, 2017
Di saat cewek lain seusianya sibuk menambah followers di Instagram, Jessica Sudarta sibuk menambah kemampuannya bermain harpa. Dengan kegigihannya, ia pun berhasil menerima beasiswa di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat.
 
“Aku mulai bermain harpa saat kelas 1 SMP. Pertama kali melihat alat musik harpa aku langsung jatuh cinta. Kagum banget karena bentuknya sangat cantik, anggun terus tinggi. Suaranya juga cantik banget seperti dari surga. Hahaha..” ungkap cewek kelahiran Surabaya, 24 Januari 1998 ini.
 
Ternyata awalnya nggak mudah, lho, bagi Jessica belajar alat musik favoritnya ini. “Nggak mudah belajarnya karena aku tinggal di Surabaya, sedangkan guruku ada di Jakarta. Jadi harus sebulan sekali ke Jakarta hanya untuk belajar harpa. Di setengah tahun pertama aku masih nggak punya harpa sendiri. Berikutnya aku belajar dengan Kak Rama Widi yang saat itu tinggal di Vienna. Jadi belajarnya hanya lewat Skype. Bayangkan gimana terbatasnya,” kenang Jessica.
 
Namun kesulitan Jessica terbayarkan karena saat kelas 3 SMP, Jessica berhasil menggelar konser tunggal pertamanya di Surabaya. Hal ini seolah menjadi batu loncatan bagi karier bermusiknya. “Januari 2013 Puji Tuhan aku bisa mengadakan konser tunggal, “An Enchanting Harp Sound” dengan orkestra. Yang hadir juga banyak sekali, lebih dari seribu orang. Mulai dari situ banyak yang tahu, kalau sekarang di Surabaya ada seorang harpist, lho,” jelas alumni SMA Petra 1 Surabaya ini.
 
Di tahun berikutnya Jessica semakin bersinar. Bersama dengan 36 harpist dari seluruh dunia, Jessica tampil di World Harp Congress 2014 di Sydney, Australia. Selanjutnya, Jessica meraih juara ke-4 kompetisi harpa 2015 di Hong Kong. Penampilan internasional Jessica semakin banyak dengan mengikuti Dutch Harp Festival, Jazz Harp Workshop, dan Singapore Harp Festival. Tahun ini Jessica akan tampil kembali di World Harp Congress 2017 di Hong Kong sebagai honorable winner. Cool!
 
Kedepannya Jessica berharap bisa lebih mengeksplorasi kemampuan bermusiknya dan menginspirasi orang banyak, “Nggak hanya musik klasik, tapi juga jazz dan pop. Aku ingin bisa menyentuh hati orang banyak dengan permainan harpaku,” tutup Jessica.
 
Fun Facts:
  1. Punya instagram @jessicasudarta
  2. Selama di AS, paling kangen dengan menu makanan Rawon
  3. Suka banget dengan film Disney
  4. Nge-fans berat dengan Isyana Sarasvati
  5. Warna favorit adalah pink
Pernah melakukan aksi berani dan inspiratif seperti Jessica Sudarta? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS.
Editor: Maharani Legita - Foto: Dok. Pribadi

polling

Jessica Sudarta, Harpist Go International

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.