Sarah Bouquet, Remaja Australia Fasih Berbahasa Indonesia

by : Tami Wulandari Nasution
Posted : December 13, 2017
Rasanya, sebagai orang Indonesia yang sehari-hari menggunakan Bahasa Indonesia kita patut berbangga, nih. Pasalnya, ada seorang remaja asal Australia yang bernama Sarah Bouquet fasih alias lancar berbahasa Indonesia, lho.
 
Ketertarikan Sarah terhadap Bahasa Indonesia berawal saat ia duduk di bangku sekolah dasar (SD) pada 2005 dan mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, seiring waktu, cewek kelahiran St. Leonards, Sydney, Australia ini justru makin tertarik dan cinta dengan Bahasa Indonesia, nih.
 
Atas ketertarikan dan kecintaannya dengan Bahasa Indonesia, membuat Sarah mengikuti lomba pidato tahunan National Australia Indonesia Language Awards (NAILA) 2017 yang dipelopori Indonesia Youth Association itu.
 
“Saya menemui video-video pemenang NAILA dari tahun 2015 di YouTube dan langsung menjadi sangat tertarik untuk mengikuti lombanya. Waktu itu, saya senang sekali melihat orang Australia lain menggunakan Bahasa Indonesia!” cerita siswi kelas 12 di Leongatha Secondary College, Victoria, Australia itu.
 
Cewek yang menyukai Tulus dan Raisa ini pun melanjutkan ceritanya soal kompetisi yang diikutinya itu. “Awalnya, saya bingung sekali dan sama sekali tidak punya ide yang jelas untuk topik pidato. Biasanya, saya suka membicarakan topik-topik yang kontroversial,” ungkapnya.
 
Namun, kali ini, ia berpikir untuk membuat video yang bisa menyatukan para pendengar dan membuat orang lain lebih bersemangat lagi dalam belajar bahasa asing. “Jadilah pidato saya kali ini tentang cinta saya untuk belajar Bahasa Indonesia dan keuntungannya belajar bahasa asing,” sambungnya.
 
Atas topik yang ia pilih itu, ia pun terpilih sebagai juara dari 133 video yang terkumpul di NAILA 2017, sebuah kompetisi Bahasa Indonesia tingkat nasional di Australia yang malam Awards Ceremony-nya dilangsungkan pada 10 November 2017 lalu di Level 27, 121 Exhibition Street, Merlbourne, Australia.
 
Ia juga berhasil memperoleh hadiah sebesar $1.000 Australia atau setara dengan Rp.10 juta, lho!
 
“Saya masih nggak percaya bahawa saya adalah salah satu pemenang NAILA 2017. Saya terharu sekali dan ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia NAILA yang sudah mengadakan lomba ini,” ucap Sarah yang merupakan pemenang di kategori Senior School Award.
 
Saat ditanya soal hadiah yang ia dapatkan itu, Sarah mengungkapkan bahwa ia pengin membeli kamera untuk syuting video YouTube. “Sudah lama sekali saya ingin membeli kamera untuk syuting video-video YouTube. Jadi, ada kemungkinan besar saya akan beli kamera tetap belum pasti,” jelasnya.
 
Selain bercerita soal ketertarikan dengan Bahasa Indonesia dan prestasi yang ia dapatkan itu, Sarah juga memberi bocoran tentang niatnya untuk berkunjung ke Indonesia selama enam minggu pada pertengahan Januari 2018, lho.
 
“Saya berencana untuk mengunjungi beberapa daerah yang belum pernah saya kunjungi, seperti Bogor, Jakarta, Yogyakarta dan Bukittinggi. Saya akan ke Bandung juga untuk bertemu teman-teman saya lagi,” ujarnya.
 
Nggak hanya itu, sebelum mengakhiri wawancara, cewek yang suka tahu pletok dan ketoprak ini berniat untuk mengikuti program “Ayo Baca!” yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesianya.
 
“Kami akan mengunjungi beberapa SD dan membacakan buku-buku ke anak-anak, supaya mereka dapat lebih bersemangat dalam membaca buku. Semoga dengan program ini, budaya membaca di Indonesia dapat ditingkatkan," tutup Sarah.
 
Fun Facts:
  • Nama lengkap Sarah ialah Sarah Elizabeth Bouquet.
  • Sarah sudah pernah berkunjung ke Indonesia dalam rangka AIAV Northbond Exchange Program di Jawa Barat. Saat itu, ia berkesempatan belajar di SMAN 1 Sumedang selama enam minggu.
  • Sarah berencana mengambil diploma Bahasa Indonesia untuk kuliahnya nanti. Selain itu, ia juga pengin mengambil jurusan Musik dan Hubungan Internasional.
  • Ia juga punya cita-cita untuk bekerja di PBB, lho.
  • Selain Bahasa Indonesia, Sarah ternyata sudah punya niat untuk belajar Bahasa Sunda.
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Dok. NAILA
 
Baca Juga:

Topic

#ItGirl

polling

Sarah Bouquet, Remaja Australia Fasih Berbahasa Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.