Stephanie Tanus, Juara Lomba Gamelan

by :
Posted : January 10, 2014

Kalau melihat Stephanie Tanus sekilas, nggak ada yang mengira kalau cewek berkacamata ini jago menyinden. Yup, cewek yang akrab disapa Tanus ini mengambil muatan lokal Gamelan di sekolah dan didaulat menjadi sindennya.

“Aku tuh, nggak punya darah Jawa, nggak mengerti bahasa Jawa, dan nggak bisa main gamelan sama sekali. Tapi ketika melihat gamelan di sekolah waktu kelas 10, langsung tertarik dan pengin ikutan. Karena pemain musik sudah penuh dipegang kakak kelas, akhirnya aku menjadi sinden. Hehehe…” kata cewek kelahiran Jakarta, 31 Juli 1997 ini.

Berbekal pengalaman sebagai anggota choir sekolah, siswa kelas 11 IPS SMA Santa Ursula Jakarta ini mulai mempelajari lagu-lagu Jawa. Sampai akhirnya sang pelatih meminta ia dan timnya untuk mengikuti kompetisi gamelan pada tahun 2013 kemarin.

“Kami ikut dua kategori, pelajar dan umum. Kalau pelajar, tentu saja saingannya anak sekolah. Sedangkan dalam kategori umum, kami berkompetisi dengan komunitas seni dan mahasiswa. Salah satunya tim mahasiswa IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Deg-degan banget!” serunya antusias.

Dengan rasa pede dan hasil latihan setiap Sabtu selama lebih dari tiga bulan, Tanus dan teman-temannya berhasil membawa pulang dua juara. Yaitu juara 1 untuk tingkat pelajar dan juara Harapan 1 untuk tingkat umum. Keren!

Fun facts:
  • Dalam ekskul choir, Tanus dan teman-temannya berhasil membawa pulang juara umum kompetisi choir se-Jabodetabek yang diadakan salah satu universitas swasta di Jakarta.
  • Selain jago menyanyi, Tanus juga jago bermain piano dan biola. Bahkan Tanus belajar memainkan lagu-lagu Jaya Suprana dengan piano.
  • Berkeinginan melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Jerman mengambil jurusan Hubungan Internasional. Makanya Tanus juga sibuk les bahasa Jerman sampai sekarang.
  • Suka mengisi waktu senggang dengan menulis puisi dan bikin cerita fantasi. Sayangnya sampai sekarang, hasil karyanya hanya dijadikan konsumsi pribadi.
  • Peraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam bidang IPS ketika kelas 8 SMP. Sampai saat ini, Tanus berencana untuk mengikuti OSN kembali walaupun sempat nggak lolos seleksi ketika kelas 10 kemarin.
  • Akun Twitter cewek berbakat ini @stephanietanus
Pernah melakukan aksi berani dan inspiratif seperti Stephanie? Klik di sini dan ceritakan aksi kamu. Psst, untuk aksi yang paling keren dan inspiratif akan ditampilkan di website GADIS. Lizta – Foto: Dok. Pribadi


polling

Stephanie Tanus, Juara Lomba Gamelan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

GAYA