‘Jelajah Timur’, Aksi Plan Indonesia untuk Akses Bersih dan Kesetaraan Anak Perempuan di NTT

by : Yessy Dwi Ramadhani
Posted : October 2, 2019
Dalam rangka merayakan 50 Tahun Plan International Indonesia, kini Plan Indonesia mengadakan Run for Equality dengan tema ‘Jelajah Timur’. Seperti apa, ya? Disimak, yuk, girls!
 
Memiliki komitmen pada hak anak, khususnya anak perempuan, Plan Indonesia terus memperhatikan isu-isu tentang kesetaraan gender.
 
Seperti yang terjadi di salah satu wilayah dampingan Plan Indonesia, yaitu Flores, Nusa Tenggara Timur, isu kesetaraan gender masih menjadi perhatian. Salah satu yang menjadi permasalahan timbulnya isu kesetaraan gender di sana adalah minimnya akses air bersih.
 
Kondisi tersebut yang menggerakkan Plan International Indonesia untuk membantu pengadaan akses air bersih dan mendorong kesetaraan anak perempuan di Nusa Tenggara Timur melalui program lari ‘Jelajah Timur’.
 
“Faktor budaya di sana menyebabkan anak perempuan di Nusa Tenggara Timur memikul beban tanggung jawab untuk menyediakan air rumah tangga. Salah satu anak dampingan Plan Indonesia, Maria, harus berjalan 30 menit hingga 2 jam untuk mendapatkan air bersih.
 
Melalui charity run ini, kami berharap dapat membantu anak-anak perempuan di sana kembali mendapatkan haknya sebagai anak, yaitu untuk belajar dan bermain.
 
Mereka tidak kelelahan saat belajar di sekolah. Resiko kekerasan yang mungkin terjadi dalam perjalanan mengambil air juga bisa dihindari,” ujar Linda Sukandar selaku Direktur Fundraising Plan Indonesia.
 
‘Jelajah Timur’ akan diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2019 diikuti oleh 50 pelari dan publik yang akan berlari sejauh 57 km melintasi Kabupaten Ende – Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.
 
Melalui ‘Jelajah Timur’ ini kita bisa lari sambil membantu pembangunan akses air bersih di 10 dusun Nusa Tenggara Timur, agar anak-anak perempuan di sana nggak perlu jauh-jauh lagi untuk mengambil air bersih.
 
Masyarakat juga dapat terlibat dalam ‘Jelajah Timur’ ini dengan mengikuti virtual run melalui platform iLuvRun.com, yaitu kegiatan berlari yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja lho, girls!
 
Lalu, jarak lari yang ditempuh dikumpulkan hingga target lari tertentu dan menjadi donasi untuk pengadaan akses air bersih.
 
Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi untuk berdonasi dengan cara memberikan dukungan pada mereka di sini.
 
Buat kamu yang mau ikutan charity run ini, kamu bisa membeli tiketnya dengan harga Rp2.500.000,- di sini, yang sudah termasuk donasi dan akomodasi selama di sana, kecuali tiket pesawat.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Yessy Dwi R
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

‘Jelajah Timur’, Aksi Plan Indonesia untuk Akses Bersih dan Kesetaraan Anak Perempuan di NTT

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!