10 Fakta Unik Sapi

by : Ayu
Posted : September 14, 2015
Pasti suka kan, makan steak ataupun beberapa menu olahan daging sapi? Ternyata, hewan ini punya beberapa fakta unik, lho. Mulai dari kebiasaan sampai sejarahnya menjadi hewan ternak. Check this out!







 
  • Sapi mulai menjadi hewan ternak sejak zaman neolitik atau sekitar tahun 9.500 SM di daerah timur.
  • Jenis sapi ternak disebut Bos Taurus dalam bahasa Latin. Spesies ini merupakan keturunan sapi liar Auerochse atau Urochse (Bos primigenius). Sayangnya, sapi jenis ini sudah punah sejak tahun 1600-an.
  • Hewan mamalia ini biasanya hidup 15-25 tahun. Hingga tahun 2012, rekor sapi tertua diraih Big Bertha dari Meadowbrook, Amerika Serikat. Ia adalah sapi tertua di dunia. Usia sapi jenis Dremon ini mencapai 49 tahun.  
  • Jarak penciuman sapi bisa mencapai 9,5 km. Binatang ini juga bisa mendengar suara dalam frekuensi lebih rendah dan tinggi dari manusia. Sapi juga bisa memandang 360 derajat.
  • Sapi berkomunikasi dengan suara, posisi tubuh dan ekspresi wajah. Hewan ini termasuk makhluk sosial karena selalu berkumpul dalam satu kawanan.
  • Lucunya, hewan ini bisa menaiki tangga, tapi nggak bisa menuruninya lagi. Hal ini disebabkan lutut sapi nggak bisa menekuk sempurna. Sapi juga berdiri dan duduk sekitar 14 kali dalam sehari.
  • Archie adalah nama sapi yang memegang rekor terkecil di dunia. Sapi ini hanya memiliki tinggi badan 76 cm. Sedangkan Big Cow Chili adalah sapi terbesar di dunia. Beratnya mencapai 1200-an kg dengan tinggi mencapai 2 meter.
  • Bercak hitam pada setiap sapi tidak ada yang sama. Ini seperti sidik jari manusia yang tidak punya kesamaan satu sama lain.
  • Sapi ternyata menyukai musik klasik. Jika binatang ini mendengarkan jenis musik tersebut, produksi susunya akan makin banyak.
  • Gambar sapi juga banyak muncul di relief-relief kuno dan bersejarah. Misalnya, di candi atau kuil kuno. Ini disebabkan sapi sering dianggap sebagai hewan suci. Editor: Dian Nurlizta – Foto: TPGNews/ClickPhotos

polling

10 Fakta Unik Sapi

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!