Belum Lama Ditemukan, Spesies Orangutan Tapanuli Terancam Punah

by : Laura Felicia
Posted : August 21, 2018
Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Termasuk hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Terkadang, aktivitas yang dilakukan oleh manusia di habitat hewan tersebut, dapat menjadi salah satu penyebab kepunahan. Terutama, bagi hewan-hewan langka. Sedih, ya..
 
Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) merupakan spesies baru dari orangutan yang ditemukan di Sumatera Utara, awal November 2017. Spesies mereka tersebar di Ekosistem Batang Toru pada tiga kabupaten, yaitu Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan.
 
Orangutan Tapanuli menjadi spesies nomor tiga yang ditemukan, setelah orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus).

Meskipun terlihat sama, orangutan Tapanuli memiliki perbedaan dengan kedua orangutan lainnya, nih! Ciri fisik yang dapat terlihat, Pongo tapanuliensis mempunyai bentuk rahang yang lebih halus, pipi yang mendatar, serta rambut yang tebal dan lebih keriting.
 
Faktanya, kurang dari 800 orangutan yang tersisa di habitat. Orangutan Tapanuli terancam menjadi spesies kera besar yang memiliki tingkat kelangkaan paling tinggi, lho!
 
Ditambah lagi, orangutan Tapanuli ini sangat lambat dalam berkembang biak. Untuk dapat memiliki anak, orangutan betina harus sudah mencapai umur 15 tahun.
 
Sehabis melahirkan anak pertama, orangutan betina baru bisa melahirkan lagi, setelah 8 sampai 9 tahun. Lama juga, ya! Tentunya, hal ini membuat populasi akan semakin sedikit.
 
Hutan Batang Toru yang merupakan tempat tinggal orangutan, juga memiliki peran penting bagi masyarakat Tapanuli. Salah satunya adalah untuk pengairan pertanian, bagi warga yang tinggal di sekitar hutan.
 
Rencananya, akan dibangun sebuah bendungan dan PLTA yang dapat memberikan dampak positif terhadap pertanian dan listrik bagi warga sekitar.
 
Namun, bagaimana dengan nasib orangutan Tapanuli yang tinggal di sana, ya?
 
Aksi-aksi yang dilakukan masyarakat mulai bermunculan ketika ahli dari berbagai negara, memberikan ancaman mengenai kepunahan orangutan Tapanuli.
 
Dilansir dari walhi.or.id, bertepatan dengan hari orangutan sedunia yang jatuh pada 19 Agustus lalu, aktivis lingkungan yang tergabung di dalam Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) telah menggelar aksi #saveorangutantapanuli.
 
Selain itu, ada juga aksi untuk membuat petisi melalui Avaaz.org, mengenai penolakan pembangunan PLTA. Petisi untuk menyelamatkan orangutan Tapanuli ini telah ditandatangani oleh lebih dari 1,3 juta orang, lho!
 
Wah, ternyata masih banyak yang peduli untuk mempertahankan keberlangsungan hidup hewan, ya. Semoga masalah ini cepat selesai dan orangutan Tapanuli bisa tetap hidup.
 
Yuk, bersama-sama kita jaga kelestarian hewan langka ini!
 
 
Editor: Maharani Legita – Foto: www.sci-news.com, www.worldwildlife.org
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia

polling

Belum Lama Ditemukan, Spesies Orangutan Tapanuli Terancam Punah

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.