Campaign Day Out, Workshop Pintar untuk Mengedukasi Pengguna Media Sosial

by : Ria Juwita
Posted : February 27, 2018
Siapa sih, sekarang yang nggak pakai media sosial? Semua kalangan, baik muda maupun orang dewasa, pasti memiliki akun berbagai macam media sosial. Sayangnya, nggak semua pengguna bisa memanfaatkan media sosial dengan cara yang positif. Nah, karena itulah Facebook mengajak kita semua buat pintar bermedia sosial dengan kampanye yang diusungnya, Think Before You Share dan workshop yang mengedukasi.
 
Merupakan bagian dari rangkaian kampanye Think Before You Share yang dimulai dari September 2017-Februari 2018, Facebook bersama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Do Something Indonesia akhirnya menutup campaign tersebut dengan acara final bernama Campaign Day Out, sebuah workshop selama dua hari untuk para siswa-siswi SMA terpilih di Jakarta yang bertujuan untuk membekali mereka dengan keterampilan berpikir secara kritis dan menumbuhkan rasa empati saat menggunakan media sosial.
 
Campaign Day Out ini sendiri diselenggarakan pada tanggal 27-28 Februari 2018 di Jakarta dan melibatkan 100 pelajar SMA dari seluruh Jakarta. Nantinya, selama dua hari mereka akan diberikan pelatihan dan tips dasar seputar keamanan menggunakan internet dan keterampilan literasi digital.
 
“Tujuan adanya kampanye Think Before You Share ini adalah agar remaja Indonesia memiliki kemampuan dasar untuk menggunakan internet secara positif dan bijak dalam mem-posting segala macam informasi yang mereka bagikan secara online. Selama enam bulan kampanye ini dijalankan, kami sudah berhasil melatih 11.000 siswa di 100 SMA di Jakarta,” ujar Clair Deevy, Head of Community Affairs, APAC di Facebook.
 
Selama dua hari di workshop tersebut, 100 pelajar terbaik dari 100 SMA di Jakarta akan menghadiri sesi pelatihan dan sesi di mana mereka akan saling berbagi informasi mengenai topik yang terkait dengan literasi digital.
 
Nggak hanya itu, mereka juga akan mempresentasikan ide-ide kampanye mereka untuk meningkatkan kesadaran akan dunia digital di depan para juri yang terdiri dari perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Budaya, Facebook, YCAB Foundation dan Do Something Indonesia.
 
Nantinya, siswa dengan ide kampanye terbaik akan memenangkan dana pendidikan untuk menjalankan ide kampanyenya tersebut.
 
“Kami percaya bahwa remaja memiliki kemampuan untuk berkontribusi positif pada komunitas mereka. Karena itu, melalui platform Do Something Indonesia, kami mendorong para siswa untuk berkreasi dalam mengembangkan kampanye sosial tentang dunia digital. Dengan demikian, mereka akan bisa menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di kelas workshop di dunia nyata,” jelas Demas Ryan, Senior Program Specialist Do Something Indonesia.
 
Selama enam bulan digelar, kampanye Think Before You Share juga punya challenge dengan berbagai tema berbeda setiap bulannya, seperti Positive People, Positive Weekend, Positive Goals, Positive Holiday dan Positive Start, yang bisa diikuti oleh pengguna social media.
 
Setiap bulannya, Facebook, YCAB dan Do Something Indonesia akan memilih pemenang yang punya cerita menarik dari masing-masing tema. Totalnya, selama itu ada 2.104 posting-an positif, lho!
 
Jadi, ayo makin pintar bermedia sosial mulai hari ini! Editor: Leoni Sihombing -  Foto: Dok. Facebook Indonesia, Ria Juwita
 
Baca juga:

Topic

#Lifehacks , #EventUpdate

polling

Campaign Day Out, Workshop Pintar untuk Mengedukasi Pengguna Media Sosial

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.