Climate Diplomacy Week 2019 Ajak Anak Muda Peduli Akan Perubahan Iklim

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : September 24, 2019
Perubahan iklim memang telah lama menjadi isu yang mengkhawatirkan buat masyarakat di seluruh penjuru dunia. Berangkat dari kepedulian untuk mencegah perubahan iklim yang semakin memburuk, Delegasi Uni Eropa bersama dengan Pemerintahan Indonesia mengadakan Climate Diplomacy Week 2019.

Telah diresmikan pada 23 September 2019 lalu di Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di IndonesiaClimate Diplomacy Week 2019 menggaet banyak pihak dari beragam sektor, termasuk sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, dan pihak-pihak lainnya. 

Mengusung tema “Anak Muda dan Aksi Iklim”, Pekan Iklim yang akan berlangsung hingga 6 Oktober 2019 ini mengedepankan peran anak muda yang dianggap berani ambil bagian dalam membentuk aksi perubahan iklim.

Dikemas dalam bentuk talkshow, peresmian Climate Diplomacy Week 2019 turut dihadiri oleh beberapa narasumber, seperti Lambert Grijns selaku Duta Besar Kerajaan Belanda untuk IndonesiaMichael Bucki selaku Konselor Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup, Delegasi Uni Eropa untuk IndonesiaAndre Christian selaku Founder Hutan Itu Indonesia, dan musisi Alam Urbach.

Michael Bucki mengatakan bahwa dunia membutuhkan lebih dari sekadar aksi dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim.

“Perubahan iklim adalah ancaman langsung yang nyata. Tidak satu pun negara yang dapat terhindar darinyadan dibutuhkan upaya kolektif untuk menyikapinya. Dunia telah mengalami begitu banyak dampak buruk dari perubahan iklim, di mana aksi global untuk menguranginya tidaklah cukup,” jelasnya.

Ia juga menambahkan tentang besarnya peluang yang ditawarkan lewat transisi menuju paradigma hijau yang telah lebih dulu dialami kawasan Uni Eropa. Hal ini mampu berdampak pada pertumbuhan yang berkelanjutandan sejalan dengan penciptaan kesempatan kerja, ketahanan pangan, dan kesehatan masyarakat.

Tidak hanya menghadirkan forum diskusiClimate Diplomacy Week 2019 juga akan mengadakan kegiatan tematik lainnya di dalam maupun luar kota Jakarta.

Kegiatannya yaitu lokakarya, kompetisi dan permainan, demo masak, hingga program pembersihan lingkungan.

Tidak berhenti di situ, Climate Diplomacy Week 2019 juga turut bekerja sama dengan sejumlah organisasi kaum muda dan individu yang memiliki kepedulian di bidang pelestarian hutan dan laut, energi terbarukan, produksi dan konsumsi yang berkelanjutan, juga perencanaan tata kota yang berwawasan hijau.

Selain membangun kepedulian lewat Pekan Iklim ini, Delegasi Uni Eropa juga turut mengajak Hutan Itu Indonesia melalui kampanyenya, “Hutanku Napasku”.

Tidak hanya mengadakan kampanye di media sosial, Hutan Itu Indonesia juga turut melakukan aksi nyata lewat penggunaan masker bertuliskan “Hutanku Napasku” untuk mengingatkan masyarakat tentang besarnya peran hutan sebagai sumber udara bersih yang dihirup manusia setiap harinya.

Untuk kamu yang ingin menelusuri lebih dalam perihal kegiatan pada Climate Diplomacy Week 2019 ini, kamu bisa cek disini

Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Delegation of the European Union to Indonesia
 
Baca juga: 

Topic

#CintaBumi , #EventUpdate

polling

Climate Diplomacy Week 2019 Ajak Anak Muda Peduli Akan Perubahan Iklim

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!