Facebook dan Google Anti-Hoax di Prancis

by : Ayu
Posted : February 9, 2017
Ternyata, nggak cuma Indonesia saja yang dilanda demam berita hoax, lho. Negara Prancis pun mengalami hal serupa. Nah, untuk mencegah penyebaran berita hoax lebih luas lagi, media sosial Facebook dan Google menggandeng media lokal Prancis untuk mengatasinya. Gimana caranya, ya?
 
Pada bulan April dan Mei tahun 2017 yang akan datang, Prancis bakal mengadakan pemilu presiden. Hal ini membuat para calon presiden melakukan kampanye secara langsung dan melalui socmed. Sayangnya, beberapa akun socmed nggak bertanggung jawab menyebarkan berita hoax seputar pemilihan umum tersebut. Peredaran berita hoax tersebut sering ditemui di socmed, Facebook.
 
Supaya pemilu Presiden Prancis berlangsung aman, Facebook dan Google mengajak media lokal untuk sama-sama mengawasi peredaran berita hoax. Beberapa organisasi berita Prancis yang terkenal, seperti Agence France-Presse, BFM TVL'Express dan Le Monde turun berperan, lho. Aksi memerangi berita hoax ini diumumkan pada Selasa, 7 Februari 2017 lalu. Aksi ini dibutuhkan karena ada 24 juta pengguna Facebook di Prancis. Jika ada berita hoax yang beredar, bisa-bisa berita tersebut yang dipercaya sebagai fakta sebenarnya. Ini bisa merugikan berbagai macam kalangan.
 
Rencananya, Facebook akan meluncurkan alat khusus pemeriksa berita hoax. Sedangkan Google, juga akan meluncurkan pemeriksa berita hoax sendiri dengan cara yang berbeda. Keduanya akan saling cross check untuk berita-berita yang beredar.  Fyi, alat pemeriksa berita hoax ini juga melibatkan pengguna Facebook dan Google, lho. Saat merasa berita tersebut termasuk hoax, pengguna dapat menandainya. Lalu Facebook dan Google akan melakukan pemeriksaan.
 
Sebelumnya, Facebook juga pernah melakukan aksi memerangi berita hoax di Jerman dan Amerika Serikat. Bahkan, Pemerintah Jerman mengeluarkan denda bagi penyebar berita hoax. Fyi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) rencananya bakal mengadakan pertemuan video call dengan pengurus Facebook di Asia Pasifik pada bulan Februari. Ini untuk membahas penyaringan berita hoax di Indonesia. Semoga Indonesia cepat terbebas dari berita hoax, ya! Editor: Indah Nainggolan - Foto: Dok. 123RF
 

polling

Facebook dan Google Anti-Hoax di Prancis

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!