Ini Alasan Sejumlah Pekerja Musik Indonesia Menolak RUU Permusikan

by : Maulida Belliana Putri
Posted : February 5, 2019
Pada 3 Februari 2019, media sosial diramaikan oleh para pelaku industri musik yang menolak Rancangan Undang-Undang Permusikan. Bahkan, hashtag #TolakRUUPermusikan menjadi trending topic di Twitter sejak Minggu malam, 3 Februari 2019.
 
Lewat akun Instagram koalisinasionaltolakruup, sebanyak 267 pekerja musik membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Aksi ini merupakan penolakan terhadap RUU Permusikan terbaru yang berisi 9 Bab dengan 54 Pasal.
 
Mulai dari musisi, penyanyi, penulis lagu, produser, jurnalis musik, hingga pekerja musik lainnya menyatakan aksi penolakan dengan mengunggah foto bertuliskan “Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan”.
 
Sejumlah penyanyi dan band, seperti Rara Sekar, Cholil “Efek Rumah Kaca”, Polka Wars, EndahNRhesa, dan beberapa pekerja musik lain menyampaikan alasan penolakan mereka terhadap RUU Permusikan dalam video yang diunggah akun Instagram koalisinasionaltolakruup.
 
RUU yang sudah diajukan sejak 2017 ini bisa saja disahkan pada 2019 karena menjadi salah satu prioritas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
 
Terdapat 19 pasal yang dianggap bermasalah, di antaranya terdapat pasal karet yang bisa dipelintir sesuai keinginan pelapor. Pasal karet adalah pasal yang tidak memiliki pembanding yang jelas dalam penerapannya.
 
Selain menghambat dukungan perkembangan proses kreasi para pekerja seni, RUU Permusikan dianggap akan membatasi kreativitas para musisi dalam berkarya. Salah satu pasal tersebut juga menyebutkan bahwa musisi harus mengikuti uji kompetensi agar mempunyai sertifikat. Hal ini tentu bertentangan dengan prinsip seni yang memiliki kebebasan berekspresi.
 
Melalui change.org, penyanyi Danilla Riyadi memulai petisi yang ditujukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), yang hingga 4 Februari 2019 pukul 04:03, telah ditandatangani 19.069 orang.
 
Meski begitu, musisi sekaligus anggota DPR, Anang Hermansyah, yang ikut menggagas RUU tersebut mengatakan kepada Tirto.id bahwa beberapa seniman dan musisi mengaku setuju dengan RUU Permusikan yang tengah menuai perdebatan itu.
 
Gimana tanggapanmu tentang ini?
 
Editor: Ria Juwita Foto: Dok. Instagram koalisinasionaltolakruup
 
Baca juga:

Topic

#Trivia , #MusicUpdate

polling

Ini Alasan Sejumlah Pekerja Musik Indonesia Menolak RUU Permusikan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!