KFC Indonesia Gagas Gerakan No Straw Movement

by : Catherine
Posted : May 16, 2017
Dalam rangka memperingati Hari Terumbu Karang Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Mei, Divers Clean Action bersama dengan KFC Indonesia melakukan gerakan mengurangi penggunaan sedotan plastik sekali pakai melalui gerakan #NoStrawMovement. Konsumen diajak untuk ikut peduli sama keselamatan laut dan kehidupannya dengan menolak sedotan plastik sekali pakai saat pesan minuman di restoran KFC atau di manapun.
 
Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia, menjelaskan, "Sedotan merupakan penyumbang sampah laut terbesar ke-5 di dunia. Dan ternyata Indonesia ada di peringkat ke-2 penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai 1,29 juta ton per tahun, lho!” ucapnya.
 
Melihat fakta ini, mereka tergerak mengajak konsumen untuk menolak menggunakan sedotan plastik sekali pakai karena sedotan plastik nggak bisa didaur ulang. “Sebagian besar sampah sedotan juga hanya akan berakhir di pembuangan dan laut. Untuk mendukung gerakan ini, beberapa gerai KFC pun sudah nggak lagi menyediakan sedotan,” tambahnya.
 
Divers Clean Action (DCA), sebuah komunitas penyelam muda yang peduli sama masalah pencemaran dan sampah laut, mempunyai misi mengurangi sampah di perairan Indonesia. Dan melalui gerakan ini, 10 Mei 2017 lalu GADIS juga sempat ikut melakukan aksi membersihkan sampah di bawah laut dan pantai di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu sebagai lokasi bermuaranya sampah yang berasal dari Jakarta dan Kepulauan Seribu. Setelah membersihkan pantai dari sampah, GADIS juga diajak buat snorkeling di Pulau Pramuka, lho! Pemandangan bawah lautnya keren!
 
Swietenia Puspa Lestari, founder DCA menjelaskan bahwa perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap hari mencapai 93 juta yang berasal dari restoran, minuman kemasan dan sumber lainnya. Hal ini setara dengan 16.784 km atau sama kayak jarak yang ditempuh dari Jakarta ke Mexico City. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh DCA selama setahun ke belakang, total ada lebih dari 300 kg sampah yang ditemukan di perairan dan pantai sekitar Pulau Pramuka, lho.
 
Hal ini bisa mengganggu kehidupan ekosistem laut, seperti kasus hidung penyu yang tersangkut sedotan di Kosta Rika. Karang-karang yang ditutupi plastik selama 4 hari juga akan mengalami kematian. Microplastics yang dimakan ikan, dimakan lagi oleh manusia yang bisa menyebabkan penyakit kanker.
 
Yuk, mulai sekarang peduli sama lingkungan kita sehingga sampah plastik, terutama sedotan sekali pakai, akan semakin berkurang demi menyelamatkan laut dan kehidupan di dalamnya. Let's save more than 750 species of Indonesia rich coral, start from you! Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. KFC, Catherine
 
Baca juga:

Topic

#LifeHacks , #HidupSehat , #Trivia , #traveling

polling

KFC Indonesia Gagas Gerakan No Straw Movement

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.