L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : December 4, 2019
Stigma tentang rendahnya ketertarikan perempuan dengan bidang sains nampaknya masih sangat menjamur di tengah masyarakat di Indonesia. Berangkat dari kepedulian tersebut, L’Oreal dan UNESCO kembali adakan Penganugerahan For Women in Science National fellowship untuk yang ke-16 kalinya di Indonesia.
 
Tidak hanya fokus dalam pengembangan produk kecantikan bagi perempuan di seluruh dunia, L’Orealyang merupakan perusahaan berbasis sains ini, juga sangat peduli terhadap pemberdayaan para peneliti perempuan. 
 
Kembali bekerja sama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCOL’Oreal Indonesia berikan penghargaan pada 4 peneliti perempuan yang telah berhasil mengembangkan inovasi ilmiah berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan.
 
“Berdasarkan data UNESCO Institute for Statistic, meskipun angka ilmuwan perempuan tergolong rendah, terdapat pengingkatan jumlah ilmuwan perempuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
 
Melalui program ini, kami berharap dapat mendukung para ilmuwan perempuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” jelas Prof. Dr. Arief Rachman, Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
Keempat ilmuwan perempuan yang berhasil meraih penghargaan L’Oreal – UNESCO For Women in Science National 2019, salah satunya adalah Dr. Sc. Widiastuti Karim, M. Si, Dosen Fakultas Kelautan dan PerikananUniversitas Udayana yang meneliti fungsi biologi dari Green Flourescent Protein (GFP) pada karang untuk mengatasi pemutihan karang.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi fenomena pemutihan karang di Indonesia yang mampu memberi dampak buruk pada ekosistem terumbu karang akibat kenaikan suhu rata-rata permukaan laut.
 
Selain itu, ada pula Dr. Swasmi Purwajanti, M. Sc, Perekayasa, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang meneliti pemanfaatan lebih dari bittern sebagai bahan baku pembuatan super nanoadsorben multi-fungsi berbasis magnesium oksida untuk mengatasi permasalahan penyediaan air bersih di Indonesia yang bebas kontaminan. 
 
Bittern sendiri merupakan produk samping proses pembuatan garam yang kaya akan kandungan mineral dan dapat didiversifikasi menjadi berbagai macam produk.

Sementara Dr. Eng. Osi Arutanti, M. SiPeneliti KimiaLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memilih untuk meneliti alternatif fotokatalis yang terjangkau, bisa direalisasikan, dan efisien, yang dapat diaktivasi dengan tenaga surya sebagai solusi permasalahan lingkungan
 
Fotokatalis merupakan proses oksidasi di dalam air yang dapat mendekomposisi polutan organik sehingga air yang tercemar dapat terurai dan aman bagi lingkungan.
 
Tidak hanya itu, Dr. Rer. Nat. Ayu Savitri Nurinsiyah, M. IL., M. Sc, Peneliti JuniorLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut meneliti spesies keong darat Jawa yang memiliki aktivitas antimikroba terampuh dari protein mucus (lendir) nya.
 
Ia percaya bahwa banyaknya aktivitas antimikroba pada keong di Indonesia mampu memberikan manfaat dalam penyembuhan luka dan berbagai penyakit. 
 
Keempat pemenang masing-masing akan menerima fellowship senilai Rp 95 juta dari L’Oreal Indonesia guna mewujudkan penelitian mereka. 
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. L’Oreal Indonesia
 
Baca juga: 

Topic

#CintaBumi , #EventUpdate

polling

L’Oreal Indonesia Bersama UNESCO Berikan Penghargaan Pada 4 Ilmuwan Perempuan di Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!