Lebih Dekat dengan Si Lebah

by :
Posted : February 28, 2012

Seberapa kenal kita dengan pengumpul madu yang satu ini? Mungkin selama ini yang kita ketahui hanya kemampuannya mengumpulkan madu dan menyengat musuhnya saja. Padahal, ada beberapa fakta unik dari serangga yang kehadirannya selalu bikin kita takut ini.

  • Tahapan metamorfosis lebah adalah telur–larva–pupa-lebah. Telur yang menetas akan berubah menjadi larva (bentuk ulat) yang akan dijaga dan diberi makan oleh lebah pekerja. Lalu, masuk ke fase pupa atau biasa disebut kepompong, dimana masa ini bisa dikatakan sebagai fase santai. Calon lebah tidak melakukan aktivitas apa-apa, karena sedang terjadi proses penyempurnaan dan pembentukan organ. Baru deh, setelah 3 hari berlalu, pupa tersebut berubah menjadi lebah.
  • Dalam satu koloni (kelompok) terdapat 3 kasta yang memiliki tugas masing-masing. Pertama, lebah ratu yang tugasnya bertelur dan mengerami telur. Lalu lebah jantan yang bertugas menjaga sarang dan membersihkannya dari kotoran. Dan ketiga adalah lebah pekerja yang ukuran tubuhnya paling kecil dibanding yang lain, tugas utamanya adalah  memproduksi madu.
  • Jumlah populasi lebah dalam satu koloni (kelompok) tergantung pada kualitas dan potensi lebah ratunya dalam bertelur. Biasanya lebah ratu unggul asal Eropa bisa mencapai 10.000 -100.000 ekor perkoloni, sedang lebah lokal hanya 20.000 - 40.000 ekor perkoloni.
  • Cara lebah berkomunikasi satu sama lain dengan cara menggoyangkan tubuh. Nah, lewat komunikasi gerakan tubuh ini, lebah bisa mengetahui arah dan jarak sumber nektar dari sarang mereka.
  • Lebah memiliki empat sayap, tiga pasang kaki, dan lima buah mata untuk menunjang aktivitasnya. Tapi, mata lebah nggak bisa melihat warna merah. Meskipun begitu, mereka mampu melihat sinar ultraviolet yang nggak bisa dilihat mata manusia. Sementara, sayap lebah bisa mengepak sebanyak 11.400 kali dalam satu menit. Makanya akibat kepakan yang super cepat ini, lebah menghasilkan bunyi buzz atau dengung saat terbang.
  • Pada musim dingin lebah tidak mencari makanan, soalnya cadangan makanan sudah distok dalam gudang penyimpanan sejak musim panas. Jadi stok madu tersebut digunakan mereka untuk menghangatkan tubuh dimusim dingin. Mauito – Foto: Istimewa



polling

Lebih Dekat dengan Si Lebah

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!