No Straw Movement Jadi Gerakan Nasional KFC Indonesia

by : Theyta van Broekema
Posted : May 10, 2018
Setelah mengimplementasikan gerakan #Nostrawmovement di enam gerai KFC pada Mei hingga akhir tahun 2017, gerakan ini meluas ke 233 gerai KFC di Jabodetabek. Pada kesempatan yang lebih besar ini, KFC ingin memperluas cangkupan #Nostrawmovement ke skala Nasional!

Gerakan ini dimulai bersamaan dengan peringatan Hari Terumbu Karang 2018 yang jatuh pada tanggal 8 Mei dan sehubungan dengan gerakan #beatplasticpollution yang diusung saat Hari Bumi Internasional 22 April lalu. #Nostrawmovement yang tadinya hanya di Jabodetabek saja, rencananya akan dilakukan di seluruh gerai KFC di Indonesia, lho!

Gerakan ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian KFC terhadap lingkungan, di mana perusahaan ini mengajak konsumen untuk ikut peduli terhadap keselamatan laut dan kehidupannya dengan menolak pemakaian sedotan plastik sekali pakai saat memesan minuman di gerai KFC manapun.

Sampah plastic, khususnya sedotan,masih menduduki posisi ke-5 sebagai penyumbang terbanyak sampah plastik di dunia, tak terkecuali Indonesia. KFC yang peduli lingkungan telah melaksanakan gerakan #Nostrawmovement dari tahun 2017 yang telah berhasil mengurangi persentase pemakaian sedotan plastik hingga 45% di setiap gerainya.

Kenyataannya, sampai saat ini terdapat lebih dari 11 miliar fragmen plastik yang mengendap di terumbu karang Asia-Pasifik di mana kondisi terumbu karang di Indonesia lebih buruk kondisinya karena pengelolaan sampah yang tidak berjalan dengan baik.
Hal ini dapat menjadi masalah, karena terumbu karang tertutup plastik akan mengalami pemutihan (coral bleaching), karena tertutup cahaya 
matahari hanya dalam waktu 4 hari saja. Akibatnya terumbu karang lebih rentan terhadap penyakit dan akhirnya akan mati.

Kaka SLANK, seorang musisi, pemerhati lingkungan, dan penyelam, mendukung penuh gerakan #Nostrawmovement ini. “Menolak memakai sedotan plastik sekali pakai saat minum di manapun adalah langkah mudah namun sangat berarti yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan terumbu karang dan laut kita,” ujarnya.

Sementara Swietenia Puspa Lestari, permepuan di balik gerakan Divers Clean Action (DCA) menjelaskan bahwa pemakaian sedotan sekali pakai di Indonesia mencapai 93.244.847 batang setiap harinya. Sedotan plastik ini terbuat dari Polypropylene yang didesain untuk tahan seumur hidup sehingga butuh waktu yang sangat lama untuk dapat hancur dan terurai.

Sampah sedotan plastik ini menjadi masalah karena tidak bisa didaur ulang dan tidak ada nilai jual sehigga terbengkalai di mana-mana. Saat hujan, sampah ini akan ikut terbawa arus yang pada akhirnya akan berakhir di laut.

Fakta di atas sangat mengkhawatirkan dan berbahaya karena semakin lama keberadaannya di laut akan menjadi microbeads dan mudah termakan oleh hewan laut.

Kita sebagai generasi penerus, harus ikut dalam #Nostrawmovement, nih. Selain bisa memenangkan voucher makan KFC gratis senilai Rp500.000,-, kamu juga bisa menjadi tokoh penting pembawa perubahan untuk kehidupan laut Indonesia. Tunggu kabarnya lebih lanjut di official Instagram KFC Indonesia ya!

Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. KFC Indonesia

Baca juga:

Topic

#Trivia , #EventUpdate

polling

No Straw Movement Jadi Gerakan Nasional KFC Indonesia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!