Nyah Nyoh, Komunitas Penambal Jalan di Yogyakarta

by : Christine Natalia
Posted : January 2, 2017
Berbuat kebaikan nggak harus dilakukan dengan cara yang susah, kok. Bisa dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Komunitas Nyah Nyoh asal Yogyajarta ini misalnya. Mereka secara rutin menambal jalan yang berlubang di Yogyakarta.
 
Nama Nyah Nyoh berasal dari bahasa Jawa. Artinya, memberi kepada orang lain tanpa menghitung timbal baliknya, alias ikhlas. Komunitas ini berawal dari  warga Yogyakarta yang prihatin terhadap kondisi jalanan rusak yang sering menyebabkan kecelakaan di berbagai tempat. Kegiatan menambal jalan tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 2015. Anggotanya berumur 20-56 tahun. Tapi nama Nyah Nyoh baru diresmikan di Februari 2016.

Para anggota komunitas Nyah Nyoh menjalankan aksi mereka setiap hari Rabu, mulai dari pukul 11 malam sampai 3 pagi. Para anggotanya mengaku memang tipe susah tidur cepat. Jadi menurut mereka, untuk mengisi waktu luang, lebih baik melakukan aksi kebaikan. Setiap hari Rabu, mereka sudah memiliki jadwal soal jalanan mana yang harus ditambal. Modal yang digunakan hanya seadanya, lho! Semen, koral, pasir, cangkul dan alat-alat sederhana lainnya. “Sampai saat ini, sudah nggak terhitung berapa lubang yang sudah kami tambal,” kata Arditya, Ketua Komunitas Jogja Nyah Nyoh. Wow, salut! Editor: Ria Juwita -  Foto: www.komunita.id
 

  • polling

    Menggunakan Makeup ke Sekolah

    Penting nggak sih, menggunakan makeup ke sekolah?

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!