Peringati Hari Kanker Payudara Sedunia, Mal Ciputra Jakarta Adakan Pink Ribbon Campaign

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : October 31, 2018
Mal Ciputra Jakarta ikut memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia yang ditetapkan pada 26 Oktober dengan Pink Ribbon Campaign. Acara yang diadakan sejak 25 - 28 Oktober 2018 tersebut berlangsung di Center Court Mal Ciputra Jakarta, Jakarta Barat.
 
Melalui Pink Ribbon Campaign, Mal Ciputra ingin mengedukasi masyarakat mengenai bahaya kanker payudara dan gerakan peduli kanker serviks. Bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jakarta, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Cancer Information and Support Center (CISC), dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), Mal Ciputra ingin membantu menurunkan angka penderita kanker dengan sosialisasi pentingnya deteksi pencegahan dini.
 
Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, berkata, “Bahaya kanker payudara dan kanker serviks ini perlu disikapi dengan serius. Sebagai pusat perbelanjaan dan tempat publik, kami merasa sangat peduli terhadap pentingnya sosialisasi dan edukasi deteksi dini kepada pengunjung dan masyarakat sangat penting dilakukan agar kanker dapat ditemukan lebih awal.”
 
Melalui tujuan tersebut, Mal Ciputra pun mengadakan pemeriksaan Mamografi dan Pap Smear secara gratis yang dilaksanakan pada 19 Oktober 2018. Sedangkan, pada 26 Oktober, Mal Ciputra mengadakan acara bincang-bincang bersama dr. Venita dari YKI Jakarta, Sarwendah sebagai Duta Cegah Kanker Serviks, dan Valencia Maria, seorang cancer survivor.
 
Dr. Venita mengatakan bahwa selain kanker payudara, penyebab kematian utama ke-2 di Indonesia adalah kanker serviks. Dirinya pun mengatakan bahwa tiap jamnya, ada satu perempuan yang meninggal karena kanker serviks. Oleh karena itu, kanker serviks sangatlah berbahaya.
 
“Setiap jam, satu perempuan di Indonesia meninggal karena kanker serviks atau kanker leher rahim. Kanker payudara juga sama bahayanya dengan kanker serviks. Pasti di sini setidaknya memiliki kerabat atau teman yang pernah menderita kanker payudara” ujar dr. Venita.
 
Sebagai Duta Cegah Kanker Serviks, Sarwendah juga membagikan kisahnya yang temannya, Julia Perez (Jupe), karena kanker leher rahim tersebut.
 
“Yang membuatku ada di sini karena Almarhum Jupe. Pesan dia sebelum meninggal adalah waktu saya dan Bensu (Ruben Onsu) menjenguknya, dia bilang ada acara Duta Kanker Serviks dan dia tidak bisa datang. Lalu, dia menyuruh kami untuk datang,” ujar Sarwendah.
 
Mantang anggota Cherrybelle ini juga mengajak para perempuan untuk tidak memikirkan omongan orang mengenai vaksin kanker serviks yang terbilang tabu di masyarakat dan segera melakukan vaksin sebagai aksi pencegahan kanker serviks.
 
“Terkadang kita terlalu memikirkan perkataan orang lain, sehingga kita tidak mikirin kesehatan kita sendiri. Padahal pemeriksaan itu bukan karena ada yang salah dengan kita, tapi lebih baik kita tahu kondisi kita.
 
Menurutku, suntik vaksin itu perlu dan bukanlah suatu hal yang tabu. Itu justru adalah hal yang dapat mencegah,” katanya.
 
Valencia Maria, yang merupakan seorang survivor kanker payudara di tahun 2012, juga membagikan pengalamannya saat mengindap kanker payudara. Dirinya mengetahui sendiri mengenai benjolan yang muncul di payudaranya.
 
Ia juga sempat mencoba pengobatan tradisional dengan melumuri benjolan tersebut. Namun, karena tidak membaik, dirinya pun segera pergi ke dokter untuk mengobatinya.
 
Menurutnya, yang menjadi penyemangat dalam memerangi kanker adalah keluarganya. “Sebelum memulai operasi, saya berdoa, ‘Tuhan, tolong izinkan saya membesarkan anak saya,’” cerita Valencia.
 
Selain acara bincang-bincang bersama dr. Venita, Sarwendah, dan Valencia Maria, Mal Ciputra juga menghadirkan fashion campaign dan penampilan dari para breast cancer survivor yang menunjukkan semangat mereka melalui tarian, lho!
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Monique Oktaviannie Hartono
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate

polling

Peringati Hari Kanker Payudara Sedunia, Mal Ciputra Jakarta Adakan Pink Ribbon Campaign

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.