Plan Indonesia Ajak Masyarakat untuk Meningkatkan Pemberdayaan Kaum Perempuan

by : Vidya Nathania
Posted : December 19, 2019
Berbicara mengenai kesetaraan gender, tampaknya masih banyak sekali negara yang butuh kesadaran mengenai hal tersebut, salah satunya negeri kita, Indonesia. Padahal, dengan adanya kesetaraan gender, banyak sekali hal-hal positif yang berpengaruh besar untuk negara, lho, girls. Apa saja, ya kira-kira?

Beberapa waktu lalu, sebuah Yayasan Internasional yang bernama Plan Indonesia mengadakan sebuah forum yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta. Sesuai dengan visi misinya untuk menjangkau lebih banyak anak perempuan di Indonesia, maka Plan Indonesia pun mengusung tema Getting Equal: Let’s Invest In Girls! yang membahas tentang betapa pentingnya berinvestasi kepada anak dan kaum perempuan.

Nggak sembarangan, forum tersebut diadakan oleh Plan Indonesia karena melihat masih adanya beberapa persepsi dari masyarakat Indonesia mengenai kaum perempuan. Beberapa permasalahan yang kerap terjadi seperti enggan melibatkan perempuan di berbagai bidang, seperti bidang politik, tenaga kerja, industri kreatif, media, sains, dan teknologi.

Di samping itu, meningkat pula angka perkawinan di bawah umur dan kehamilan yang nggak direncanakan. Ghafur Dharmaputra selaku Deputi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun berpendapat bahwa masyarakat dan pemerintahan di Indonesia harus lebih lagi melibatkan kaum perempuan yang menjadi bentuk investasi agar Indonesia semakin maju dan nggak hanya adanya kesetaraan gender, tetapi juga meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Salah satunya ialah adanya kebijakan tentang perubahan batas usia perkawinan untuk anak perempuan yaitu usia 19 tahun.

Pembahasan pada hari itu melibatkan 500 peserta dan 40 pembicara, seperti Nahar - Deputi Perlindungan Anak yang mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dr. Ir. Subandi, M. Sc – Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat & Kebudayaan BAPPENAS, Fauziah – Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Kepelatihan yang mewakili Menteri Tenaga Kerja, dan Sumiyati - Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Beberapa pembicara utama yang terlibat, di antaranya Prof. DR. Fasli Jalal – Dewan Pembina Yayasan Plan International Indonesia; H.E. Cameron MacKay - Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste; Suci Apriani – Ketua Kelompok Perlindungan Anak Desa dari Lombok Barat; Hannah Al-Rashid aktor dan aktivis kesetaraan gender; serta Suzy Hutomo pendiri dan Chairperson Body Shop Indonesia.

Plan Indonesia serta sejumlah orang yang terlibat dalam acara tersebut berharap adanya kebijakan-kebijakan lainnya yang bekerja untuk meningkatkan keseteraan gender di Indonesia. Nggak lupa juga, beberapa pembicara pun memberikan tips bagi masyarakat Indonesia untuk ikut serta mendukung adanya keseteraan gender yaitu dengan men-support anak dan kaum perempuan di sekitarnya serta lebih berani untuk memberikan suara terkait dengan kasus pelecehan seksual. 

Editor: Indri Wulandari - Foto: Dok. Plan Indonesia

Baca Juga:

Topic

#EventUpdate #GenderEquality

polling

National Pancake Day! (27 Februari)

Apa topping favoritmu saat makan pancake?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!