Plastic Reborn, Ubah Sampah Kemasan Plastik jadi Tas Keren!

by : Maggie Rudy Pranata
Posted : March 3, 2018
Sejak akhir tahun 2017 lalu, Coca-Cola Foundation Indonesia, ANCORA Foundation, Waste4Change dan Greeneration bekerja sama untuk mengumpulkan sampah botol plastik di lebih dari 100 titik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas se-Jabodetabek untuk dikelola menjadi tas multifungsi yang keren dan bernilai komersial. Program recycling-upcycling ini dinamakan Plastic Reborn.
 
Plastic Reborn pada intinya adalah upaya untuk memberikan pemahaman baru bahwa kemasan plastik bekas pakai sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bernilai tinggi.
 
Harapannya, program ini bisa menginspirasi cara pandang masyarakat, khususnya anak muda terhadap sampah kemasan plastik dan pada akhirnya membangun perilaku kelola sampah yang lebih baik,” jelas Titie Sadarini, Chief Executive Coca-Cola Foundation Indonesia.
 
Terdapat tiga aspek kegiatan utama dari Plastic Reborn ini, yaitu Education, Empower dan Inspire. Lewat program ini, Coca-Cola Foundation Indonesia mendistribusikan collection drop box (mirip tong sampah) di hampir 100 titik SMA dan Universitas se-Jabodetabek.
 
Peletakan collection drop box ini diharapkan bisa menekankan aspek Education atau edukasi budaya pilah sampah. Kegiatan pilah sampah ini dikombinasikan dengan wisata edukasi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang bagi perwakilan siswa dan guru.
 
Untuk aspek kedua, Empower atau pemberdayaan, menitikberatkan pada upaya mempertemukan pihak sekolah, perusahaan pengelola sampah, pengusaha produk kerajinan plastik, product designer dan pelaku e-commerce, untuk akhirnya melalui peran masing-masing dapat menciptakan sebuah lingkaran ekonomi baru untuk pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
 
Terakhir, Plastic Reborn ini juga diharapkan mampu memenuhi aspek Inspire atau menginspirasi khususnya para pengusaha muda, maupun millennials bahwa sampah botol plastik dapat dihidupkan kembali menjadi berbagai macam barang, yang salah satunya adalah tas multifungsi dan keren bernilai ekonomi tinggi.
 
Dalam rangkaian prosesnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mengubah sampah botol plastik, hingga menghasilkan produk tas. Pertama, sampah botol kemasan plastik yang terkumpul akan dibentuk menjadi serpihan flakes. Setelah itu, flakes memasuki fase pencampuran dan pencetakan (moulding) yang selanjutnya akan digunakan sebesar 30 persennya untuk membuat tas multifungsi.
 
Tas multifungsi ini dapat digunakan oleh cowok maupun cewek. Untuk menyimpan barang-barang penting, seperti dompet, handphone, kartu-kartu identitas, charger, kabel dan buku catatan.

Nggak cuma unggul pada kegunaannya, tas ini juga memperhatikan estetikanya, lho… Jadi, kita akan tetap tampil stylish ketika memakainya! Thanks to Greeneration Indonesia sebagai aktor di balik desain dan perangkaian tas multifungsi ini.
 
O iya, demi mendukung sosialisasi Plastic Reborn ke masyarakat luas, akan ada edukasi besar-besaran mengenai pentingnya pengelolaan sampah kemasan plastik dan memperlihatkan tas multifungsi hasil upcycle ini di Car Free Day pada 4 Mei 2018. Yuk, datang!
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: Maggie Rudy Pranata, Dok. Image Dynamics
 
Baca juga:

Topic

#EventUpdate , #LifeHacks , #mulaidarigue

polling

Plastic Reborn, Ubah Sampah Kemasan Plastik jadi Tas Keren!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

SERU