PRAISE Persembahkan 100 “Dropping Box” Untuk Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Pilah Sampah Masyarakat Jakarta

by : Felly Eliza Putri
Posted : August 10, 2018
Pengelolaan sampah khususnya di kota-kota besar masih menjadi tantangan tersendiri. Seluruh elemen masyarakat sepatutnya bekerja sama untuk menjadi bagian dari solusi atas masalah tersebut, salah satunya dengan memilah sampah.

PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment) bermitra dengan Waste4Change berinisiatif  menempatkan 100 unit Dropping Box untuk mengedukasi sekaligus membentuk kebiasaan masyarakat untuk memilah sampah.

 
Saat ini, setiap orang di Indonesia rata-rata menghasilkan 0.7 kg sampah per hari. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat sampah di Indonesia tahun 2017 mencapai 65,8 juta ton per tahun. di Jakarta, volume sampah mencapai 6.500 – 7000 ton per hari.
 
Dr. Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutan Republik Indonesia (KLKH RI) menekankan bahwa berlandaskan Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, pemerintah telah menetapkan kebijakan dan strategi pengelolaan sampah nasional atau JAKSTRANAS. Lewat kebijakan tersebut, ditargetkan dapat mengurangi sampah sebesar 30% di tahun 2025 serta dapat menangani tumpukan sampah sebesar 70% di tahun 2025.
 
Jakstranas merupakan terobosan baru dalam pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai ke pemrosesan akhir. Oleh karena itu, kami menyambut baik dukungan dari seluluh pihak, termasuk pihak produsen seperti PRAISE dan yang terpenting partisipasi dari masyarakat secara langsung. Hal ini juga dalam upaya mendorong tumbuhnya circular economy yang komprehensif, salah satunya adalah meningkatkan collecting system dengan perubahan perilaku public sebagai salah satu mata rantai yang sangat penting dalam tumbuhnya circular economy,” ungkap Novrizal.
 
Menurut riset dari Sustainabel Waset Indonesia (SWI) tahun 2018 mengungkapkan sebanyak 24% sampah di Indonesia masih tidak terkelola. Sekitar 15 juta ton sampah mengotori ekosistem dan lingkungan karena tidak ditangani. Selain itu, dari data yang sama juga menunjukkan bahwa 68% sampah berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan baru 7% sampah berhasil didaur ulang. 
 
PRAISE sebagai sebuah asosiasi independen yang digawangi oleh enak perusahaan (Coca-Cola, Indofood, Nestle, Tetra Pak Danone, dan Unilever Indonesia) secara aktif memulai, mendukung memfasilitasi, dan berinvestasi dalam berbagai program, dan inisiatif menuju pengelolaan sampah kemasan yang holistic di Indonesia, khususnya dengan meminimalkan dampak sampah kemasan.

PRAISE hadir sebagai bentuk kepedulian, komitmen dan tanggung jawab keenam perusahaan untuk turut memberikan solusi dan edukasi berkelanjutan bagi persoalan sampah di Indonesia.
 
100 unit Dropping Box tersebut akan ditempatkan di berbagai wilayah di Jakarta, seperti di pertokoan fasilitas public, perkantoran, dan institusi pendidikan.
 
Sinta Kaniawati sebagai salah satu perwakilan PRAISE mengatakan bahwa menyikapi masalah sampah, mengubah persepsi, dan kebiasaan masyarakat mengenai sampah adalah hal yang penting.

“Kunci dari bernilai atau tidaknya sampah terletak pada pemilahan sampah yang tepat. Sayangnya, perilaku memilah sampah pada masyarakat Indonesia masih rendah, menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2014, tingkat perilaku memilah sampah di rumah tangga baru mencapai 18,84%. Oleh karena itu, PRAISE, percaya bahwa partisipasi masyarakat untuk memilah sampah harus terus digalakkan,” ungkapnya.
 
PRAISE merangkul konsumen sebagai elemen terpenting yang dapat memilah dan membuang sampah kemasa di Dropping Box yang sudah tersedia, pihak pemerintah, Bank Sampah, dan Waset4Change.
 
“Inisiatif Dropping Box ini sejalan dengan upaya kami untuk terus mengedukasi warga agar memilah sampah, sehingga sampah yang memiliki nilai ekonomis dapat disimpan di Bank Sampah dan didaur ulang. Bersama dengan PRAISE, kami ingin mengubah pengelolaan sampah untuk tidak lagi terpusat di hilir, tapi dimulai di hulu dengan memisahkan dan memilah sampah yang dikonsumsi, serta menjadikan hal itu ebagai sebuah gerakan bersama,” tambah Isnawa Adji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
 
Ada 4 keunikan yang dimiliki Dropping Box. Pertama, pasti pemilhannya, konsumen dapat langsung memilah dan membuang kemasan bekas pakai di Dropping Box sesuai dengan pengelompokkan yang sudah disediakan, yaitu kertas dan non-kertas. Kedua, pasti prosesnya, sampah kemasan yang terkumpul akan diangkut oleh mitra Waste4Change secara berkala dan disalurkan kepada mitra Bank Sampah.

Ketiga, pasti daur ulangnya, setelah pernyortiran, kemasan yang didaur ulang akan disalurkan ke pabrik daur ulang, sementara residu, akan diserahkan ke mitra pengolah dari Waste4Change sehingga sampah kemasan yang tekumpul tidak berakhir di TPS/TPA dan juga meringankan beban penumpukkan sampah di kedua lokasi tersebut. Keempat, pasti edukasinya, dilengkapi dengan berbagai edukasi melalui infografis yang tercantum pada desain Dropping Box. 
 
Editor: Maharani Legita - Foto: Dok. ALCHEMY
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia , #HidupSehat

polling

PRAISE Persembahkan 100 “Dropping Box” Untuk Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Pilah Sampah Masyarakat Jakarta

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!